Loading

Pansus IX Minta Sektor Ketahanan Pangan Jadi Prioritas RPJMD Jabar Selama Penanganan Covid-19


Penulis: Mbayak Ginting
12 Hari lalu, Dibaca : 41 kali


Ketua Pansus IX DPRD Jawa Barat Abdul Haris Bobihoe (kedua dari kiri) memimpin rapat pembahasan RPJMD bersama Sekretaris Daerah Jawa Barat di kantor Dinas Sosial Jawa Barat, Kota Cimahi. (Foto: Hms DP

BANDUNG, Medikomonline.com - Pansus IX DPRD Jawa Barat meminta sektor ketahanan pangan menjadi prioritas dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2023 selama penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19.

Usulan ini mencuat dalam pembahasan RPJMD bersama Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat di kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi, Kamis (7/1/2021).

Ketua Pansus IX DPRD Provinsi Jawa Barat Abdul Haris Bobihoe mengatakan, prioritas dalam RPJMD harus mengedepankan kepentingan masyarakat Jawa Barat. Pasalnya, yang terdampak langsung dari pandemi Covid-19 adalah kalangan masyarakat menengah ke bawah terutama dari sektor perekonomiannya.

"Ini yang perlu kita perhatikan, selain aspek upaya penanganan dari pemerintah daerah," kata Abdul Haris Bobiho saat memimpin rapat.

Hal serupa dikemukakan salah satu anggota Pansus IX DPRD Jawa Barat Hasim Adnan. Menurut Hasim, Jawa Barat kaya dengan hasil alam berupa rempah-rempah maupun tanaman obat. Semestinya pemerintah daerah juga memaksimalkan sektor kekayaan alam tradisional dalam merencanakan RPJMD.

"Sejak dulu nenek moyang kita memiliki kemampuan dalam mengolah hasil bumi salah satunya yang dikenal dengan apotik hidup," ucap Hasim.

Tag : No Tag

Berita Terkait