Loading

125 Wartawan Ikuti Kegiatan OKK PWI Jawa Barat


Penulis: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 1021 kali


Hilman Hidayat

BANDUNG, Medikomonlie.com – Sebanyak 125 wartawan mengikuti kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) PWI Jawa Barat, Kamis-Sabtu ((14-16/01/2021) di Aula PWI Jabar. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat ini dibagi ke dalam tiga angkatan.

Hilman Hidayat sangat mengapresiasi pengurus terutama panitia yang telah mengelola kegiatan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Menurutnya, OKK sebagai sarana untuk mengenalkan anggota kepada organisasi PWI. 



Pembukaan OKK

Ia menegaskan ada dua syarat utama untuk menjadi anggota PWI. Pertama, calon anggota secara syah dirujuk oleh medianya masing-masing. Dalam hal ini media yang bernaung di perusahaan yang telah berbadan hukum. “Hal tersebut sesuai dengan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers,” ujarnya.

Syarat kedua, imbuhnya, calon anggota harus memiliki keahlian sebagai seorang yang berprofesi wartawan, yakni cakap menulis berita. “Jadi, keduanya harus dipenuhi. Baik dari sisi administrasi maupun keahlian,” tutur Hilman.


Hilman juga menegaskan agar para wartawan mengindahkan nilai-nilai universal kegiatan jurnalistik yang pada prinsipnya mengacu pada UU Pers dan Kode Etik Jurnaliastik. Contohnya tidak membuat berita bohong atau berita dengan itikad tidak baik.

Terakhir Hilman mengingatkan akan pentingnya masuk ke dalam organisasi wartawan. Salah satunya, ketika ada kesalahan dalam pemberitaan ada yang memperjuangkan. Apa lagi iklim pers ke depan harus betul-betul memenuhi aturan-aturan.

Yang lebih penting lagi ujar Hilman, setiap anggota PWI harus bisa menjaga muruah organisasi. Makanya anggota PWI harus dibekali pemahaman keorganisasian.

Sementara Ketua Panitia OKK Yayat T Supiat dalam laporannya menjelaskan dari target peserta 60 melampaui hingga lebih dari 120 pendaftar.

“Untuk itu dalam pelaksanaannya dibagi ke dalam tiga angkatan,” imbuhnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait