Loading

Warga Cihuut Miliki Masjid Refresentatif


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
3 Bulan lalu, Dibaca : 148 kali


Peresmian Masjid Cendikia Nurul Iman ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir.

SUMEDANG, Medikomonline.com -Harapan warga Dusun Cihuut Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan untuk memiliki sarana ibadah yang representatif kini terwujud.

Berkat bantuan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumedang, para donatur dan gotong royong warganya, Masjid Cendikia Nurul Iman berdiri megah di Dusun Cihuut.

Peresmian Masjid Cendikia Nurul Iman ditandai dengan gunting pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Sabtu (8/10/2022).

Panitia pembangunan Masjid Cendikia Nurul Iman, Muslim Iskandar, menyampaikan bahwa pembangunan masjid sudah dimulai sejak dua tahun lalu yaitu pada tanggal 20 Desember 2020.

Dikatakan Muslim, masjid yang dibangun di atas lahan 50 bata itu belum sepenuhnya tuntas karena masih ada beberapa bagian yang masih dalam tahap pembangunan.

"Dananya berasal dari sedekah ICMI Sumedang dan donatur yang sudah terkumpul sebesar Rp.800. Masih ada beberapa bagian yang belum selesai. Insya Allah tanggal 20 Desember 2022 bisa tuntas," ujarnya.

Ketua ICMI Orda Sumedang Prof. Sutarman menyampaikan, pembangunan masjid tiada lain dilatarbelakangi jauhnya akses ke sarana ibadah, terutama untuk menunaikan ibadah Salat Jumat

"Kami ICMI Sumedang terpanggil untuk membantu masyarakat mewujudkan harapannya untuk memiliki sarana ibadah yang baik," katanya.

Selain itu, kata dia, Margalaksana diproyeksikan menjadi lokasi pendidikan tinggi, maka keberadaan masjid yang representatif sangat diperlukan.

"Ini merupakan salah satu kiprah ICMI dalam mendorong Visi Sumedang Simpati yang sedang bergulir. Mudah-mudahan secuil kiprah ICMI bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengucapkan terima kasih kepada ICMI Kabupaten Sumedang yang secara konkret membantu umat.

"Terima kasih kepada ICMI Sumedang beserta seluruh jajaran panitia yang telah menjadi bagian solusitif dan aplikatif dalam menyelesaikan persoalan masyarakat," ujarnya.

Ia pun berpesan kepada warga Cihuut agar masjid yang telah dibangun bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bukan hanya untuk ibadah ritual semata, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih luas.

"Semangat membangun masjid harus sama dengan memakmurkannya. Tidak hanya sebatas ibadah ritual tetapi bisa menjadi pusat pendidikan, pusat dakwah, ekonomi, sosial dan sebagainya," pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Sumedang Selatan Marlina, pimpinan organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan dan warga setempat. 

Tag : No Tag

Berita Terkait