Loading

Pangdam III Siliwangi dan Bupati Sumedang Tinjau Panen Bawang Merah


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 715 kali


Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir (kanan) dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memanen bawang merah di Demplot Pertanian Kodim 0610/Sumedang.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto beserta jajaran meninjau Demplot Pertanian Kodim 0610/Sumedang di Dusun Pasir Peusing, Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Sabtu (14/08/2021).

Dengan didampingi Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Pangdam III Siliwangi juga memanen bawang merah dan menaman jagung hibrida.

Tampak hadir Danrem 062/TN Kol. Inf. Muchidin, para Dandim se-jajaran  Korem 062/Tn, unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumedang Amim, unsur Forkopimcam Cimalaka serta para pengurus Persit Candra Kirana Kodam III/Siliwangi, Korem 062/Tarumanagara, dan Kodim 0610/Sumedang.

Dandim 0610/Sumedang Letkol. Inf. Zaenal Mustofa SE.,M.Si mengatakan, lokasi demplot pertanian di Dusun Pasir Peusing Desa Naluk Kecamatan Cimalaka menjadi lahan yang tepat untuk penanaman jagung dan bawang.

"Kami menyiapkan tiga lahan. Lahan pertama kami tanam jagung dan bawang merah, kemudian di lahan kedua kami menanami jagung. Di lahan ke tiga sebagai lahan baru hari ini kami akan menanam jagung," ujarnya.

Dandim menyebutkan, dari tiga lahan tersebut terdapat 23 petani baru yang diberdayakan, termasuk dari non DTKS. "Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa membantu masyarakat mendapat pekerjaan dan menjadi solusi di masa pandemi Covid-19," tuturnya.

Bupati Dony Ahmad Munir  menyebutkan, Dandim 0610 Sumedang memiliki kreatifitas serta ide dan pemikiran yang bagus untuk membangun bekas Galian   C menjadi lahan bermafaat bagi masyarakat. "Alhamdulillah dengan adanya lahan ini, maka kita bisa membangun budaya baru dan menciptakan lapangan pekerjaan, " ucapnya.

Bupati menjelaskan, dalam rangka program ketahanan pangan, Pemda Sumedang tengah bekerja sama dengan Kodim dan Polres Sumedang memanfaatkan lahan pekarangan seefektif mungkin untuk budi daya sayuran sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan.

"Demplot pertanian ini diharapkan menjadi role model ketahanan pangan bagi daerah lain serta dapat memenuhi pangan di wilayah kita, "ungkapnya.

Bupati meyakini upaya-upaya tersebut dapat membawa manfaat dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan di tingkat nasional. "Pemerintah daerah akan mensupport upaya-upaya ini, termasuk dalam waktu dekat akhir tahun kami akan menyiapkan kambing untuk diternakkan kelompok tani yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Dandim yang mampu membantu masyarakat di saat kesulitan menghadapi pandemi dengan memberdayakan mereka.

"Tolong kembangkan lagi. Saya harap ada lahan-lahan lain di Sumedang sehingga masyarakat bisa memperoleh pendapatan. Adanya para kelompok tani sekarang bisa membawa keharuman bagi Sumedang, Jawa Barat bahkan Indonesia dalam terwujudnya ketahanan pangan," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait