Loading

SPP Pangandaran Gelar Festival Durian Langkah Orbitkan Produk Lokal


Penulis : Herz_Mdk
1 Bulan lalu, Dibaca : 278 kali


-

Foto I : Ketua Pelaksanaan Festival Durian, Arif Budiman Memasarkan Produk Lokal Pangandaran 

Foto 2 : Stand Penjual Buah Durian Dengan Kemasan Festival Durian Lokal Dua Hari Dipadati Pengunjung Meski Hujan Deras 


PANGANDARAN, Medikomonline.com

 

Serikat Petani Pasundan (SPP) Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, Sabtu-Minggu (2-3 Maret 2024) mengadakan festival buah durian di Taman Wisata Batu Hiu Parigi Pangandaran.

 

Ketua pelaksana kegiatan, Arif Budiman yang juga Dewan Suro SPP Kabupaten Pangandaran lebih menyukai menggali potensi yang ada di tataran lokal.

 

Halnya "Buah Durian" dimana orang jika hendak membeli buah durian akan merasa takut karena harganya yang mahal.

 

Akan tetapi kali ini dirinya sengaja mengadakan festival buah durian asli panen petani Pangandaran di Pantai Batu Hiu dengan tujuan memberdayakan petani lokal hasil panennya asli petani Pangandaran sekaligus ingin memperkenalkan durian khas Pangandaran.

 

"Durian Pangandaran ini terkesan lebih kecil jika dibandingkan dengan durian lainnya yang sudah terkenal. Namun hal itu sengaja sebagai Petani lokal ingin lebih mempromosikan hasil panen asli petani Pangandaran, Minggu (3/3/2024) di Lokasi Festival Durian di Kawasan Pantai Batu Hiu.

 

"Alhamdulillah sejak awal dibuka kegiatan festival durian malam Sabtu hari pertama pun sudah banyak pengunjung hingga larut malam masih banyak yang berdatangan.

 

Harga durian kami sudah mematok diharga Lima Puluh Ribu (Rp.50.000) kebawah. Dari mulai harga Rp.10.000 sampai dengan Rp. 50.000.

 

Soal rasa tidak diragukan bahwa durian Pangandaran meski relatif kecil namun memiliki rasa khas dan tidak kalah dengan durian terkenal, lainnya," Ujarnya seraya memberikan hidangan untuk dicicipi.

 

Kenapa kami mematok harga murah semata agar masyarakat kecil yang merasa kesusahan ingin membeli buah durian mudah terjangkau alias tidak mahal, "tuturnya.

 

"Kami menyiapkan dua puluh ribu buah durian untuk dijual murah. Semua penjual yang ada disini adalah anggota SPP dan durian tersebut merupakan hasil panen petani lokal Pangandaran.

 

Kami tidak memperbolehkan penjual buah durian disini bukan asli durian asal Pangandaran dan sekitarnya, " Tegasnya.

 

Lebih lanjut Arif mengutarakan, agar para petani lokal bisa lebih bersemangat kelak dalam membudidaya tanaman buah durian serta hasilnya dapat dinikmati semua kalangan.

 

"Digelar di kawasan wisata pantai, bukan tanpa sebab. Satu sekretariat SPP kami ada di sekitaran kawasan Pantai Batu Hui sekaligus memasarkan buah Durian asli Pangandaran ini hingga ke Mancanegara.

 

Sabtu-Minggu hari libur tentu Pantai Pangandaran dan kawasan Pantai lainnya akan banyak pengunjung.

 

Disatu sisi, buah Durian sekarang lagi musim panen sehingga kami berupaya untuk mengadakan festival buah durian.

 

Kedepan pun Festival seperti ini akan tetap diadakan agar menjadi icon khas Pangandaran juga," Pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait