Loading

Sumedang Siap Tangkap Peluang dengan Beroperasi Bandara Kertajati


Penulis: Nanang
6 Bulan lalu, Dibaca : 193 kali


Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman usai menghadiri acara rapat Persiapan Operasionalisasi BIJB Kertajati bersama Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin

SUMEDANG, Medikomonline.com-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka bakal beroperasi secara penuh pada tanggal 29 Oktober 2023 mendatang. Ada sepuluh rute penerbangan domestik dan satu rute penerbangan internasional yang akan digelar di BIJB.

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman melihat beroperasinya BIJB harus menjadi peluang untuk memacu peningkatan perekonomian Kabupaten Sumedang.

"Kesempatan bagi Sumedang. Bagaimana modal bisa masuk ke Sumedang dan produk unggulan bisa dijual keluar," kata Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman usai menghadiri acara rapat Persiapan Operasionalisasi BIJB Kertajati bersama Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Selasa (10/10/2023).

Herman mengatakan, sebagai contoh capital inflight di sektor pariwisata dengan eksplorasi potensi wisata Sumedang untuk menghadirkan para wisatawan datang ke Sumedang.

“Banyak destinasi wisata Sumedang yang luar biasa, ada menara Kujang Sapasang, ada kawasan Bendungan Jatigede, Gunung Tampomas dan sebagainnya. Saya kira itu wisata berbasis alam dan budaya yang banyak diminati para wisatawan," ujarnya.

Sumedang juga mempunyai produk makanan olahan dan kuliner selain tahu seperti Opak Oded, Mangga Gedong Gincu dan Ubi Cilembu. Kerajinan daerah juga bisa menjadi souvenir yang menarik sebagai oleh-oleh para wisatawab.

Herman berharap, dengan adanya BIJB ini, arus barang dan jasa bisa lebih lancar ditambah adanya keberadaan Tol Cisumdawu yang kian mempercepat mobilitas arus barang dan Jasa.

"Dengan adanya bandara ini barang dan jasa lebih cepat ditambah dengan Tol Cisumdawu maka lengkap sudah. Mobilitas dari Bandung ke Sumedang jadi 30 menit begitu juga Bandara Kertajati dari yang sebelumnya dua jam sekarang hanya hanya 30 menit saja," ujarnya.

Menurut Pj Bupati Herman, keberadaan BIJB Kertajati ibarat dua mata pisau, bisa menjadi tantangan atau peluang. “Semua itu, , tergantung masyarakat Sumedang. Warga Sumedang harus pro aktif memanfaatkan Bandara Kertajati untuk mendorong perekonomian di berbagai bidang," katanya. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait