Loading

Jalan Nasional Ciamis – Banjar – Pangandaran Batas Jawa Tengah di Kerjakan 3 Tahun


Penulis: Herz_Ciamis/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 1000 kali


General Superinteden (Manajer Proyek), Hadian Nurfajar, S.T. di Kantor Direksi Keet Ciamis, Rabu (21/09/2022). (Foto : Herz_Cms)

Butuh Masukan Semua Pihak Demi Terciptanya Kenyamanan dan Kebaikan Pengguna Jalan 


KAB. CIAMIS, Medikomonline.com Ruas jalan nasional yang membentang sepanjang kurang lebih 98,6 km mulai dari alun-alun Kabupaten Ciamis menuju Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran sampai Batas Jawa Tengah tahun ini dikerjakan dengan kontrak panjang lebih dari 1 tahun.

Terlihat di beberapa titik sejak bulan Agustus kemarin terutama bulan September ini tampak pekerjaan di beberapa wilayah. Hal tersebut disebabkan karena pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk tahun ini masuk agenda pekerjaan yang memakan waktu cukup panjang kurang lebih 3 tahun ke depan untuk beberapa ruas jalan yang ada.  

Hal ini dikemukakan General Superinteden/Manajer Proyek pekerjaan, Hadian Nurfajar, S.T. dari PT. Modern Widya Tehnical, Rabu (21/09/2022) di Kantor Direksi Keet Ciamis.

Pekerjaan Patcing Jalan Pada Badan di Titik Jalan Banjarsari dan Ciamis  

“Pekerjaan ini sifatnya memerlukan waktu cukup panjang tidak dalam satu tahun anggaran melainkan mencapai tiga tahun kedepan yakni sampai tahun 2024 mendatang untuk beberapa ruas jalan. Kita kontrak sejak tanggal 07 Juli 2022 kemarin dan dan Alhamdulillah saat ini kami sudah melakukan pekerjaan sejak bulan Agustus kemarin yang sifatnya rutin seperti pembabadan rumput, penambalan-penambalan badan jalan (patchingan), juga pekerjaan minor pelengkap bangunan lainnya seperti TPT Tembok Penahan Tebing dan  Pasangan Saluran Drainanse. 

Persiapan Pembabadan Rumput di Ciganjeung – Pangandaran 


Pekerjaan Perbaikan Saluran Drainanse di wilayah Padaherang – Pangandaran

Di tahun ini kami juga melakukan pekerjaan mayor seperti Overlay Hotmic di daerah Batas Jawa Barat - Jawa Tengah dan Perkerasan Jalan Beton di daerah Kalipucang, Kabupaten Pangandaran,” terang Hadian Nurfajar, ST kepada Medikomonline.com.

Masih menurut Hadian, Tahun ini juga akan melakukan pemarkaan ulang jalan dengan tujuan semua ini demi memberikan pelayanan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan.

Di kami ini sebenarnya ada ruas jalan sepanjang 98,6 km akan tetapi yang menjadi titik prioritas pekerjaan kontruksi badan jalan sepanjang kurang lebih 28 km.

Kita pahami bahwa skema pekerjaan Multy Years atau Long Segment ini memang besar jika dilihat dari sisi anggaran yakni kami kontrak mencapai kurang lebih Rp 189 miliaran, namun hal ini tidak harus selesai hanya cukup satu tahun anggaran melainkan pekerjaan kami hingga tiga tahun kedepan pekerjaan yang harus kami lakukan.  

Untuk itu kami sudah membuat jadwal sebagaimana yang sudah disepakati dengan pihak direksi/dinas yakni PPK PJN 3 Jawa Barat bahwa untuk tahun 2022 ini kami mengerjakan sebagaimana yang diterangkan di atas. 

Pekerjaan Overlay Pada Batas Jawa Barat – Jawa Tengah

Keadaan Jalan Hendak di Overlay di Perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah 

Untuk tahun depan kami konsentrasi pada titik lain dan tentu akan lebih pada pekerjaan yang makro atau lebih berat/besar. Sedang untuk tahun 2024 mendatang kami baru memulai perbaikan badan jalan geser ke daerah kota Ciamis ini,” katanya.

Hadian mengatakan, alhamdulillah jika dibanding dengan kondisi jalan nasional ruas kami ini masih kategori bagus dibanding dengan kondisi jalan nasional yang lainnya. Akan tetapi juga semua ini menjadi tanggung jawab kami semua selama tiga tahun ke depan hingga 2024 mendatang.

Kami bekerja sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan untuk itu kami selaku pelaku penyedia jasa atau kontraktor yang mengerjakan pekerjaan butuh masukan, sumbangsih/bantuan dari semua pihak.  

Selain dari pekerjaan diatas, Hadian mengungkapkan, sebenarnya untuk pekerjaan mayor yang kategori berat sepersi pelebaran kami akan melakukan di tahun depan yakni 2023 akan tetapi mengingat dan menimbang ada juga kondisi jalan yang kategori labil kondisi struktur tanahnya yakni pekerjaan pelebaran, kami juga melakukan kontruksi pelebaran seperti di ruas jalan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Pekerjaan Pemeliharaan Badan Jalan di Atas Jembatan 

Pekerjaan Pemeliharaan Badan Jalan di Atas Jembatan 

Pemeliharaan Pada Titik Jembatan Batulawang – Kota Banjar dan Cijeungjing Kabupaten Ciamis (Foto : Herz_Cms) 

Sementara untuk pekerjaan rehabilitasi, perbaikan/pemeliharaan jembatan di kami ada kurang lebih 22 titik jembatan dan untuk saat ini pun kami lakukan pemeliharaan dengan cara pengecetan jembatan juga trotoar secara berkala.

Hadian berharap dengan semua pekerjaan yang sudah atau sedang dikerjakan semata ini demi memberikan kenyaman dari yang sudah nyaman menjadi lebih nyaman bagi semua pengguna jalan.  

Tag : No Tag

Berita Terkait