Loading

Jembatan Timbang Perlu Dibangun di Ruas Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala


Penulis: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1422 kali


Penanganan rehabilitasi mayor dalam Preservasi Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala di daerah Cisaat, Sukabumi. (Foto: Medikomonline.com)

BANDUNG, Medikomonline.com – Muatan truk yang berlebih atau dikenal dengan istilah over dimension over load (ODOL) dinilai menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan raya.

Muatan truk yang dalam kondisi over load ini  dinilai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.1 - Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Jawa Barat Herman ST SH MH banyak terjadi di ruas Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala. Muatan truk banyak di atas 40 ton.

Menurut Herman yang saat ini melaksanakan Preservasi Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala kepada Medikomonline di Bandung, Kamis (21/01/2021), untuk mengantisipasi truk yang bermuatan over load ini perlu dibangun jembatan timbang di ruas Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala.

“Idealnya jembatan timbang ini ada dua,” kata Herman mewakili Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Jawa Barat Robert Himawan Hamiseno.  

Menurut Herman yang sebelumnya bertugas di Kalimantan Barat ini, jembatan timbang itu perlu dibangun di jalan antara Bogor – Sukabumi dan antara Cianjur – Sukabumi.

Dalam pertemuan pada bulan Oktober 2020 lalu, lanjut Herman, pihaknya selaku PPK telah mengusulkan pembangunan jembatan timbang ini kepada Kementerian Perhubungan.

Pihaknya juga mendorong Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk meminta pembangunan jembatan timbang ini kepada Kementerian Perhubungan.

Dijelaskan Herman, tetesan solar dari truk juga mempercepat kerusakan pada ruas Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala. Tetesan solar ini terjadi ketika kemacetan jalan sering terjadi di ruas tersebut.  

Lanjutnya menjelaskan, dalam pekerjaan Preservasi Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala yang saat ini masih dalam pengerjaan, anomali cuaca dengan curah hujan tinggi saat ini juga mempengaruhi kerusakan jalan.

Diungkapkannya, dalam pekerjaan Preservasi Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala tahun 2020 lalu telah dilakukan rehabilitasi mayor dan minor. Di ruas jalan Cisaat dan Cicurug – Cidahu dilakukan rehabilitasi mayor dengan overlay tiga lapis, Leveling AC BC – AC WC.

Selain itu, juga dilakukan perkerasan bahu jalan dengan beton untuk menambah kapasitas jalan. Pemasangan U-Ditch juga dilakukan untuk memperlancar aliran air.

Herman menegaskan, Preservasi Jalan Benda – Sukabumi – Rajamandala ditargetkan selesai awal Juni 2021. “Tapi kita usahakan lebih cepat,” katanya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait