Loading

Sosialisasi Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Lakbok Utara Diusulkan Perbaikan Jalan Inspeksi


Penulis: Herz_Cms/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 1273 kali


Acara Sosialisasi Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Lakbok Utara, Rabu (26/01/2022) di Aula Gedung Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. (Foto: Medikomonline)

CIAMIS, Medikomonline.com - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy menggelar Sosialisasi Pekerjaan Rehabiltasi Jaringan Irigasi DI Lakbok Utara,  Rabu siang (26/01/2022) di Aula Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat.

Hadir dalam acara sosialisasi bertajuk tanya jawab ini, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air, Andi Sulistiono ST MEng, Kepala Bidang (Kabid) Operasi dan Pemeliharaan Dave Harold Irhajadi Mochaimin ST MEng Sc, Balai Besar Sungai (BBWS) Citanduy, Sekmat Lakbok Sunarman, Iis Kasi Pembangunan Kecamatan Purwodadi, Koramil melalui Babinmas Desa Puloerang, para kepala desa sekitar, kelompok tani dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Iis selaku Kasi Pembangunan Kecamatan Purwadadi mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BBWS Citanduy yang akan melakukan pekerjaan perbaikan saluran irigasi demi meningkatkan asupan/suplay air bagi petani.

“Air sangatlah penting bagi kelangsungan kehidupan, termasuk untuk para petani. Nantinya akan dilakukan pekerjaan ini demi peningkatan kelangsungan para petani khususnya pengairan areal sawah,” kata Iis.

“Khusus di wilayah Purwodadi ini sangatlah membutuhkan, maka harapan ke depan pun ingin juga ada pekerjaan di wilayah kami pula nantinya. Meski diakui dengan adanya pekerjan di sini pun bisa lebih lancar bagi suplai areal persawahan,” terang Iis mewakili Camat Purwadadi.

Hal serupa pula diungkapkan Sekmat Lakbok Sunarman. “Pembangunan ini sangatlah membantu bagi peningkatan produksi para petani di kami. Harapan tentu berjalan sebagaimana mestinya,” harapnya.

Danramil Kecamatan Lakbok melalui Babinsa Desa Puloerang mengatakan, sesuai pesan Danramil, pihaknya akan tetap mendukung program demi lancarnya pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi DI Lakbok Utara. 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Andi Sulistiono ST MEng (Kiri), Kabid Operasi dan Pemelihara (OP) BBWS Citanduy Dave Harold Irhajadi Mochaimin ST MEng Sc. (Kedua dari Kiri). (Foto: Medikomonline)

Diungkapkan Kabid Operasi dan Pemelihara (OP) BBWS Citanduy Dave Harold Irhajadi Mochaimin ST MEng Sc, pertemuan ini pun merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun sekaligus nostalgia bisa ketemu bersama para kepala desa dan masyarakat yang ada, karena tahun kemarin pun kita ketemu di acara sosialisasi akan dimulainya pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi.

“Demi meningkatkan suplai air bagi petani, Kami selama ini pun terus berupaya berjuang ke Jakarta untuk bisa membangun dan ke depan harapannya bisa ke aspek inspeksi jalan juga. Memang untuk saat ini baru bisa pada perbaikan sistem jaringan irigasi,” katanya.

“Dengan adanya perbaikan di saluran sekunder dari mulai bendungan dobo, ini bisa lebih baik ke depan,” harap Dave.

Masih kata Dave, kegiatan Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Lakbok Utara ini pun menggunakan anggaran SBSSN. Ini sangat ketat sekali pengawasannya. “Untuk itu juga kami masih sangat butuh pengawasan pula dari masyarakat sekitar. Kami mengharapkan adanya feed back dari berbagai pihak sebagai bahan masukan bagi kami, ada apa-apa lebih baik dikomunikasikan dengan kami,” ujarnya.

“Minimal meminimalisir dampak dampak negatif atas pekerjaan, terlebih dampak pasokan air bagi para petani,” ungkap Dave.

Sementara Kepala Desa Puloerang Rusmana meminta perbaikan jalannya ini ke depan bisa dilakukan, mengingat jalan inspeksi irigasi/areal persawahan yang sangat panjang serta kondisinya rusak lumayan berat. Tentu ini sangat diharapkan ke depan pun bisa dilakukan pekerjaan inspeksi jalan.

Hal yang sama pula diungkapkan Dodi Romdoni. “Kami selama ini baik ke pemerintah kabupaten selalu mengusulkan pembangunan inspeksi jalan, hanya saja mungkin keterbatasan anggaran di kabupaten sehingga ini pun sangat kita perlukan untuk menunjang hasil panen biar bisa mudah angkut. Dan pula banyak masyarakat kami yang juga menggunakan jalan inspeksi tersebut. Tentu harapan kami pun ingin ada perbaikan inspeksi jalan,” katanya.

Lain halnya diungkapkan Nurudin, Kepala Desa Tambakreja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Pihaknya selain memang meminta adanya perbaikan inspeksi jalan, juga aliran air ke hilir terkadang tidak kebagian. Tentu ini sangat diperlukan perbaikan yang manfaatnya benar-benar bisa dimanfaatkan semuanya.

“Entah dari mana untuk menyisir persoalan tersebut yang jelas memang ini perlu kajian mendalam, di mana tingkat kendalanya. Yang jelas, meminta aliran air pun bisa lancar hingga ke hilir,” pintanya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Andi Sulistiono ST MEng mengatakan, “Sebagai penanggungjawab pekerjaan nantinya tentu kami berharap ada apa-apa, pihak terkait senantiasa selalu menyampaikan atau memberikan masukan ke kami. Agar pelaksanaan Pekerjaan Rehabilitasi  Jaringan Irigasi DI Lakbok Utara ini bisa maksimal sesuai yang diharapkan.”

Mengenai keinginan masyarakat sebagaimana yang disampaikan beberapa pihak, baik para Kepala Desa dan perwakilan Gabungan Pengguna Air (petani) yakni ingin adanya pekerjaan pembangunan jalan inspeksi, Andi menjelaskan, pihaknya selaku PPK akan memikirkan untuk ke depan.

“Meski kita tahu semua, bahwa Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Lakbok Utara ini domain kerjaannya ada pada jaringan irigasi. Inilah tujuan kami mengadakan sosialisasi bertajuk tanya jawab untuk menampung, mendengar dan menerima laporan masyarakat langsung/pemerintah setempat,” ungkap Andi.

“Kami akan terus berupaya membuka ruang terbuka bagi siapa saja yang memerlukan informasi terutama apa – apa yang ingin disampaikan ke kami ini akan menjadi masukan yang baik buat kami,” katanya.

Lebih lanjut, Andi mengatakan pekerjaan ini nantinya akan dimulai perbaikan dari saluran sekunder sekitaran Kantor Polsek Langgen, Kota Banjar. “Selama pekerjaan pun nantinya akan ada sistem buka tutup mengenai alur air dari hulu bendungan dobo ke hilir,” jelasnya.

Pihaknya pun akan selalu berkordinasi dengan semua pihak terkait agar dampak pekerjaan rehabilitasi ini nantinya bisa berjalan semua pihak dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut pun, Andi selaku PPK sekaligus meminta izin kepada seluruh pemerintah setempat jika dalam waktu dekat ini banyak petugas lapangan, pengawas dan pekerja lapangan yang aktifitas di seluruh lokasi.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait