Loading

Jalan Nasional Ciamis-Banjar-Pangandaran-Batas Jateng Sudah Mulai Nyaman Dilalui


Penulis: Herz_Cms
9 Bulan lalu, Dibaca : 409 kali


Arianto, PPK 3.3 Provinsi Jawa Barat (Ruas Jalan Ciamis-Banjar-Pangandaran-Batas Jateng) di ruang kerjanya, Senin (11/9/2023) saat diwawancara Medikomonline.com

CIAMIS, Medikomonline.com - Ruas jalan berstatus jalan nasional yang membentang mulai masuk wilayah Ciamis-Banjar-Pangandaran (CIBAPA) Provinsi Jawa Barat sampai ke batas Jawa Tengah saat ini sudah mulai nyaman untuk dilalui.

Meski pekerjaan belum selesai dan masih menyisakan lebih satu tahun pekerjaan ke depan, namun terlihat dibeberapa ruas jalan sedang menggeber pekerjaan.

Pekerjaan jalan berupa Preservasi (Pemeliharaan Jalan) meliputi Pemeliharaan Rutin, Preventif, Rehabilitasi, Rekonstruksi, Pelebaran Jalan Menuju Standar, Drainase (saluran), Trotoar dan Pemeliharaan Kinerja Jembatan merupakan output dari Kontrak Long Segment kali ini dan bersifat Multy Years atau Kontrak Tahun Jamak (selama 3 tahun).

(Foto) : Para Pekerja Jalan Nasional CIBAPA Batas Jateng Bersemangat Menggeber Pekerjaan di Beberapa Ruas Jalan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.3 Provinsi Jawa Barat (Ruas Jalan Ciamis-Banjar-Pangandaran-Batas Jateng), Arianto di ruang kerjanya, Senin pagi (11/9/2023)
mengatakan, program Preservasi Jalan CIBAPA sampai ke batas Jateng merupakan salah satu dari sekian banyak program Kementerian PUPR RI melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat yang diberi mandat untuk memelihara kondisi jalan di seluruh ruas jalan nasional di Provinsi Jawa Barat.

"Pekerjaan tersebut sudah disepakati melalui kontrak selama tiga tahun (Multy Years Contract) terhitung mulai kerja Juli tahun 2022 kemarin dan akan selesai pada Desember 2024 mendatang," katanya.

Sebagai PPK, dirinya bersama penyedia jasa/kontraktor berkewajiban melaksanakan apa yang sudah termuat dalam dokumen kontrak.

Namun baginya bersama pihak penyedia jasa, dan konsultan pengawas pekerjaan sepakat untuk mempercepat pekerjaan sehubungan dengan cuaca yang saat ini masih mendukung (belum turun hujan).

"Setiap saat kita sama-sama ke lapangan dan meninjau item pekerjaan yang sudah ada dalam kontrak pekerjaan," paparnya.


Foto : Pekerjaan Bahu/Pelebaan Tampak di Geber Karena Cuaca Mendukung.

PPK yang mendapat pendelegasian tugas dari PA/KPA (Kuasa Anggaran), salah satunya yaitu bertugas untuk mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh Penyedia Jasa/Kontraktor.

"Seminggu sekali kita selalu mengadakan rapat bersama dengan pihak terkait khususnya penyedia jasa, dan konsultan pengawas dan ketiga pihak ini seyogyanya bekerja dengan mengedepankan teamwork, "ujarnya.

Melihat kinerja maupun cash flow (kemapuan finansial) Penyedia Jasa PT. Modern Widya Tehnical cukup baik menurutnya tidak khawatir akan terjadinya progres minus.

"Bahkan progres penyedia jasa sampai saat ini surplus/ahead pekerjaan hingga 25% lebih.

Sementara pekerjaan secara menyeluruh di tahun 2023 ini sudah mencapai 67% lebih. Insya Alloh akan tepat waktu sesuai jadwal pekerjaan, "imbuh PPK.

Foto : Pengguna Jalan Sudah Dapat Merasakan Kenyamanan Akibat Pekerjaan Jalan Nasional CIBAPA Batas Jateng Sedang di Kerjakan.

PPK pun bahagia ketika pengguna jalan saat ini sudah bisa menikmati dan melintas di jalan nasional CIBAPA secara nyaman akibat penanganan pekerjaan.

Karena sesuai dengan tujuan preservasi selain jalan nyaman untuk dilalui juga Preservasi Jalan adalah kegiatan penanganan jalan, berupa pencegahan, perawatan, dan perbaikan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu-lintas sehingga umur rencana yang ditetapkan dapat tercapai.

"Preservasi harus dilakukan secara periodik agar kualitas jalan terjaga dan berfungsi dengan baik saat dilalui para pengguna jalan, "ungkapnya.

Lebih lanjut Arianto mengungkapkan, metode pekerjaan di lapangan agar kondisi jalan tetap MANTAP tentu mengedepankan Norma, Standar, Pedoman, dan Manual seperti Permen PUPR Nomor 5 Tahun 2023 mengenai Persyaratan Teknis Jalan dan Perencanaan Teknis Jalan, Spesifikasi Teknis Bina Marga/PUPR dan lain-lain pada setiap pekerjaan di lapangan.

Sehingga apa yang menjadi keinginan kita bersama nantinya benar-benar terwujud, terutama bagi para pengguna jalan dapat merasakan kenyamanan saat melintas di atas badan jalan," pungkasnya.  

 

Tag : No Tag

Berita Terkait