Loading

Desa Sukamukti Kedatangan Tim Penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani Kabupaten Bekasi


Manah/Agus
8 Bulan lalu, Dibaca : 176 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : saat tim penilai lomba kampung bersih makin berani kabupaten bekasi yang didampingi kepala desa Sukamukti dan Plt Camat Bojongmangu.

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Desa Sukamukti Kecamatan Bojongmangu kedatangan Tim Penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani Kabupaten Bekasi, pada Rabu (09/08/2023). Desa Sukamukti ini dinilai karena telah menjaga kebersihan lingkungan dengan baik, keamanannya pun telah dilengkapi CCTV, bahkan adanya jadwal ronda dan penataan administrasi penduduk yang sudah baik.

"Ya, mudah-mudahan Desa Sukamukti lebih maju, untuk bisa meningkatkan perekonomian terutama untuk keluarga dan ketahanan pangannya terus ditingkatkan, sudah ada banyak lumbung padi di setiap rumah warga,” ujar Ketua Tim 6 Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Nurni Anggraeni.

Nurni menjelaskan, ada beberapa indikator pada penilaian lomba Kampung Bersih Makin Berani ini, yaitu  ekonomi seperti pemanfaatan sampah bernilai ekonomis, kemudian keamanannya bagaimana serta administrasi penduduknya.

"Sampah tersebut diolah sehingga menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomis atau nilai jual, begitu pun dari segi keamanannya bagaimana pemdes bisa menerapkan sistem keamanannya, kemudian kami juga menilai tentang administrasi penduduk,” paparnya.

Sementara itu, Plt Camat Bojongmangu Sapto Noviantoro mengapresiasi atas penilaian dari tim penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani dari Kabupaten Bekasi. Katanya, Desa Sukamukti sengaja ditapilkan tahun ini untuk mengikuti perlombaan yang digagas Pemerintah Kabupaten Bekasi itu.

"Target utama kami, tadi ada beberapa indikator dari tim penilai, kami ingin melanjutkan, penilaian tahun lalu menjadi indikator standar, untuk kampung yang ada di wilayah kecamatan Bojongmangu, tahun ini kami buktikan bukan hanya di kampung kemarin yang menjadi juara, tapi kampung lain pun dapat mengikuti menerapkan standar indikator yang dinilai," tambah Sapto.

Dia mengatakan, target utama diikutsertakannya Desa Sukamukti bukan hanya menjadi juara atau mendapatkan bonus, tapi munculnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Paling utama adalah kesadaran masyarakat memelihara lingkungan, dari segi kebersihan, keamanan, harus terintegrasi, dan yang paling penting adalah program pemerintah Kabupaten Bekasi dalam pengurangan sampah ke Burangkeng. 

"Kita sudah mulai dari kecamatan Bojongmangu, mulai dari Desa Sukamukti, bahwa sampah organik minimal sudah terurai di wilayah kami sehingga 80 Persen sampah organik tidak harus dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Burangkeng,” harapnya.

Ditempat sama Kepala Desa Sukamukti Samid menjelaskan, dengan adanya lomba kampung bersih, dan desa sukamukti yang mewakili enam desa. Tentu saja menjadi modal dasar bagi pemdes dan warga untuk menjaga lingkungannya menjadi bersih dan aman yang saling mendukung.

"Terima kasih kepada tim penilai dari Kabupaten Bekasi, saya dan warga sukamukti, siap untuk menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing," tuturnya.

Tim 6 Penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani tingkat Kabupaten Bekasi terdiri dari lintas perangkat daerah, yakni dari Dinas Lingkungan Hidup, DPMD, Disdik, Satpol PP,  Diskominfosantik, PKK dan Dharma Wanita.

Tag : No Tag

Berita Terkait