Loading

Musdesus Desa Wibawamulya Tetapkan RKPDes dan PKM BLT-DD Tahun Anggaran 2022


Penulis: Manah Sudarsih/Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 869 kali


Kepala Desa Wibawamulya didampingi Ketua BPD memberikan arahan kepada peserta Musdesus Desa Wibawamulya, di aula desa, pada Jumat (7/1/2022). (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

CIBARUSAH, Medikomonline.com – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa Wibawamulya mengadakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan Penerima Keluarga Manfaat (PKM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2022, diaula desa, pada Jum'at (7/1/2022).

Ketua BPD Desa Wibawamulya Badriawan mengatakan, kegiatan musdesus ini selain untuk menetapkan APBDes tahun anggaran 2022, juga membahas, sekaligus menetapkan PKM BLT DD yang di tahun 2021 kemarin hanya 140 orang dan meningkat atau bertambah menjadi 151 orang PKM BLT DD tahun 2022.

"Kenapa meningkat penerima BLT DD ditahun 2022 ini, kita ikuti regulasinya sesuai dengan Perpres nomor 104 tahun 2021, yakni 40 persennya buat penerima BLT DD," ujarnya.

Badriawan menghimbau kepada warga Desa Wibawamulya, untuk bersama-sama memahami dasar hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku, sebelum Pemerintah Desa mengambil keputusan atau kebijakan disaat melakukan kegiatan apapun.

"Mari kita bersama-sama, baik warga, BPD dan pemerintah desa untuk membangun desa Wibawamulya kearah yang lebih baik, dan kegiatan pembangunannya dapat dirasakan langsung oleh setiap lapisan warganya," paparnya.

Sementara itu Kepala Desa Wibawamulya H. Firman Rully menuturkan, khususnya untuk penerima BLT DD, baik BPD dan pemdes telah sepakat, bahwa penerima BLT DD tahun 2022, sasarannya terhadap warga yang belum pernah merasakan sama sekali menerima bantuan dari mana pun. Agar tepat sasaran pemdes dan BPD telah berkoordinasi dengan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) untuk memverifikasi PKM BLT-DD. 

"Musdesus kali ini selain untuk BLT-DD, juga penetapan APBDes, hanya dalam APBDes tahun 2022 ini tidak ada penyertaan modal buat Bumdes," tandasnya.

Terpisah, Camat Cibarusah Muhamad Kurnaefi saat ditemui diruangannya menegaskan, dirinya mengapresiasi kegiatan Musdesus penentuan BLT DD dan APBDes Tahun 2022 ini, yang diadakan oleh BPD dan Pemdes Wibawamulya. Ya, karena Musdesus APBDes dan BLT ini, kan tahapannya harus dan wajib ditempuh. Nantinya akan ditetapkan apa yang akan dibangun melalui APBDes dan siapa yang berhak menerima BLT-DD tahun 2022. Tentunya penetapan APBDes dan BLT DD sesuai dengan ketentuan dan kriteria yang ditetapkan dalam peraturan yang berlaku.

"Saya mohon kepada warga penerima BLT, untuk memanfaatkan bantuan tersebut, karena bantuan BLT itu tidak akan selamanya ada," harapnya.

Perlu Diketahui Musdesus Desa Wibawamulya dihadiri oleh BPD, Pemdes dan Perangkat Desa Wibawamulya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, RT dan RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan unsur masyarakat lainnya. 



Peserta Musdesus Desa Wibawamulya. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

Tag : No Tag

Berita Terkait