Loading

Peran Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda Untuk Mendukung Tupoksi Sekretariat DPRD Jawa Barat


Penulis: IthinK
9 Bulan lalu, Dibaca : 375 kali


Yuyu Yuhana, S.Sos., M.M, Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda pada Bagian Umum Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat. (Foto: Medikomonline.com)

Bandung, Medikomonline.com - Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dan mendukung tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Tugas pokok ini didasarkan pada UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, UU No. 27 Tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat,Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, PP No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, dan Perda No. 20 Tahun 2008 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok tersebut, Sekretariat DPRD Jawa Barat mempunyai fungsi untuk penyelenggaraan administrasi kesekretariatan daerah, penyelenggaraan administrasi keuangan daerah, penyelenggaraan rapat-rapat, penyelenggaraan serta penyedian koordinasi tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Sekretariat DPRD Jawa Barat merujuk pada Visi “Terwujudnya Sekretariat DPRD yang Prima dan Profesional Tahun 2023” dan Misi “Meningkatkan Profesionalisme, Melalui Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; Meningkatkan Pelayanan Bagi Peningkatan Kapasitas Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat”.

Merujuk Pergub Jawa Barat No. 22 Tahun 2022 Tentang Kedudukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat, susunan Sekretariat DPRD Jawa Barat terdiri dari Sekretaris DPRD Jawa Barat, Bagian Protokol, Persidangan dan Perundang-undangan, Bagian Fasilitasi, Penganggaran dan Pengawasan, Bagian Umum, Bagian Program dan Keuangan, serat jabatan fungsional dan tenaga ahli.

Dalam mendukung tugas pokok dan fungsi Sekretariat DPRD Jawa Barat, pejabat fungsional berperan penting untuk penyelenggaraan administrasi kesekretariatan daerah, penyelenggaraan administrasi keuangan daerah, penyelenggaraan rapat-rapat, penyelenggaraan serta penyedian koordinasi tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

Salah satu jabatan fungsional pada Bagian Umum Sekretariat DPRD Jawa Barat adalah Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda. Jabatan Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda ini dipegang oleh Yuyu Yuhana, S.Sos., M.M.

Dijelaskan Yuyu Yuhana yang pada tahun 2000 – 2022 menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Sekretariat DPRD Jawa Barat, dalam menjalankan tugasnya berfungsi untuk menyusun, mengelola, serta mengevaluasi dan membuat pelaporan dalam urusan teknis rumah tangga.

Selain itu, kata Yuyu Yuhana yang meraih Gelar Magister (S-2) dari Universitas Winaya Mukti,   dirinya juga bertugas untuk melaksanakan program kerja yang telah direncanakan sebelumnya, yang meliputi kegiatan-kegiatan formal, rapat-rapat pimpinan dan anggota DPRD dan urusan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat berdasarkan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Untuk mencapai Visi dan Misi Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat, ungkap Yuyu yang lahir di Ciamis, 10 Maret 1969, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus cerdas. “ASN Cerdas, Jabar Juara Lahir Batin,” kata Yuyu yang dikenal murah senyum di ruang kerjanya kepada Medikomonline.com, Kamis (6/7/2023).

Sebelum menjadi Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda, Yuyu telah berpengalaman dengan berbagai jabatan yang diembannya. Berikut sejumlah jabatan yang pernah diemban Yuyu Yuhana, yaitu:

1.Tahun 2000-2022 Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Sekretariat DPRD Jawa Barat.

2.Tahun 2018-2019 Bendahara Pengeluaran Pembantu pada Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Jawa Barat.

3.Tahun 2013-2018 Koordinator Pemeliharaan Kendaraan Dinas pada Bagian Umum dan Administrasi Sekretariat DPRD Jawa Barat.

4.Tahun 2012-2013 Bendahara Pengeluaran Pembantu Perlengkapan dan Pemeliharaan pada Bagian Umum dan Administrasi Sekretariat DPRD Jawa Barat.

5.Tahun 2010-2012 Staf Pelaksana Perlengkapan dan Pemeliharaan pada Bagian Umum dan Administrasi Sekretariat DPRD Jawa Barat.

6.Tahun 2007-2010 Koordinator Keamanan (Kamdal)

Dalam bidang pendidikan, Yuyu Yuhana juga telah meraih gelar Magister Pemasaran dari Universitas Winaya Mukti. Berikut ini riwayat pendidikan yang telah ditempuh Yuyu Yuhana:

1.Tahun 1983 Tamat SD Talagasari III

2.Tahun 1986 Tamat SMP Negeri Kawali

3.Tahun 1989 Tamat SMA Galuh Ciamis

4.Tahun 1994 Tamat S-1 Jurusan Adminstrasi Negara di STIA YPPT Tasikmalaya

5.Tahun 2014 Tamat S-2 Magister Pemasaran di Universitas Winaya Mukti.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda, Yuyu selalu mengedepankan profesionalisme untuk mendukung kelancaran Tupoksi Bagian Umum Sekretariat DPRD Jawa Barat. 

Tag : No Tag

Berita Terkait