Loading

Kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor Tahun 2019


Penulis: Kuswanto SH-Bay/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1885 kali


Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT/RW Kabupaten Bogor tahun 2019.

BOGOR, Medikomonline.com -  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Bogor pada tahun 2019 mengadakan sejumlah kegiatan. Kegiatan tersebut seperti diuraikan di bawah ini.

Rapat BUMDes

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa, acara dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris DPMD sekaligus pembicara juga dari Mitra BUMDes Nasional (MBN), dengan peserta dari Pengurus BUMDes di Wilayah Kabupaten Bogor, membahas perkembangan dan pengembangan kegiatan usaha yang dilaksanakan oleh BUMDes.

 

Rapat Pembahasan PerBup Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pemerintahan Desa, acara dibuka, dipimpin olek Sekretaris DPMD kemudian dilanjutkan oleh Kepala Seksi Aparatur Pemdes, dengan peserta dari Unsur Bagian Perundang-undangan Setda, Unsur BKPP, dan Unsur Inspektorat, membahas tata cara pemilihan dan pemberhentian kepala desa beserta upaya penyelesaian permasalahan yang kemungkinan bisa terjadi.

 

Pelatihan Ketua RT dan Ketua RW

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan Masyarakata Desa, acara dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris DPMD Kabupaten Bogor didampingi Kepala Seksi Kelembagaan Masyarakat dan Staf Pelaksana, diikuti Para Ketua Rukun Tetangga dan Ketua Rukun Warga, dalam rangka mewujudkan Masyarakat Kabupaten Bogor yang berkualitas menuju karsa Bogor maju.

 

Kunker dari DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara

Kunjungan kerja dari Komisi A DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara ke DPMD Kabupaten Bogor disambut dan terima oleh Kepala DPMD Kabupaten Bogor didampingi Kepala Seksi Aparatur Pemdes, mengenai konsultasi pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Bogor dengan sistem e-voting, regulasi pelaksanaan pemilihan kepala desa, pemilihan BPD, dan hal lainnya tentang Pemerintahan Desa.

 

Kunker dari Pem Kab.Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan

Kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan terdiri dari Kepala DPMD dan 17 orang Camat ke DPMD Kabupaten Bogor disambut dan diterima oleh Kepala Bidang Pemdes didampingi Kepala Seksi Aparatur Pemdes, membahas pembuatan produk hukum daerah mengenai badan pemusyawaratan desa dan pemilihan kepala desa yang akan dibuat dan diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

 

Kunker dari DPRD Kab.Buton Provinsi Sulawesi Tenggara

Kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara ke DPMD Kabupaten Bogor disambut dan diterima oleh Kepala Bidang Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa didampingi Staf Pelaksana dan Tenaga Ahli DPMD Kabupaten Bogor, membahas tata cara pengawasan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor mengenai bantuan dana desa dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Pemerintah Desa dalam menjalankan roda Pemerintahan di Desa.

 

Rapat pembahasan persiapan Pilkades Tahun 2019

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pemerintahan Desa, acara dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, dilanjutkan paparan tahapan persiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa oleh Kepala DPMD Kabupaten Bogor, dengan peserta dari Dinas/Instansi terkait, Para Camat, Bagian Administrasi Pemerintahan Setda, Bagian Organisasi Setda, Bagian Perundang-undangan, Bagian Bantuan Hukum Setda.

 

 

Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati tentang Pilkades Tahun 2019

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Aparatur Pemerintahan Desa Bidang Pemerintahan Desa, acara dipimpin oleh Kepala DPMD Kabupaten Bogor didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Kepala Seksi Aparatur Pemdes, dan Staf Pelaksana, membahas tugas wewenang Badan Pemusyawaratan Desa dalam melaksanakan tugas pekerjaannya sebagi Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Desa sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

 

Rapat evaluasi perkembangan BUMDesa

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Pemberdayaan Ekonomi Perdesaan Bidang Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa, acara dibuka oleh Kepala Bidang Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa, dilanjutkan paparan dari Kemendesa PDTT, Pengurus Forum BUMDesa Kabupaten Bogor, dan Tenaga Ahli DPMD Kabupaten Bogor mengenai evaluasi perkembangan BUMDesa, penjelasan/sosialisasi program kerja Forum BUMDesa, dan rencana kunjungan kerja mandiri ke Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

Tag : No Tag

Berita Terkait