Loading

Lomba Kampung Bersih Tingkat Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cibarusah Ajukan Tiga Desa


Manah/Agus
2 Bulan lalu, Dibaca : 228 kali


MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM foto : rangkaian kegiatan penilaian Lomba Kampung Bersih di Kecamatan Cibarusah, pada Selasa (6/8//2024)

CIBARUSAH, Medikomonline.com - Lomba Kampung Bersih Makin Berani Tingkat Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cibarusah mengajukan tiga RT di tiga desa untuk dilakukan penilaian dari Tim Kabupaten Bekasi. Hal itu dikatakan langsung Camat Kecamatan Cibarusah Rusdi Azis kepada awak media, pada Selasa (6/8/2024).

Menurut Rusdi, bahwa kegiatan Lomba Kampung Bersih Makin Berani Tingkat Kabupaten Bekasi telah diagendakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH). Dan Kecamatan Cibarusah agendanya pada hari ini dimulainya penilaian lomba kampung bersih makin berani. 

"Untuk kecamatan cibarusah kami mengirimkan tiga kandidat yakni Desa Sindangmulya Perum Mutiara, Desa Cibarusah Kota Perum Cibarusah Indah dan Desa Cibarusah Jaya di Perum Bekang, semua dari lingkungan perumahan, yang telah melalui penilaian dari tim kecamatan ke desa-desa. Dalam kegiatan penilaian Lomba Kampung Bersih ini, kecamatan cibarusah pun sudah membentuk tim pendampingan," paparnya.

Rusdi berharap, tentu saja pengusulan tiga desa tersebut kan telah melalui kriteria yang ditetapkan. Yang pertama ada kaitannya dengan masalah kepedulian masyarakat yakni asas gotong royong, kedua berkaitan dengan penanganan sampah di lingkungan masing-masing, dan yang ketiga kaitannya dengan publisitas masyarakat.

Yang telah diajukan ketiga kandidat itu oleh tim penilai kecamatan bisa lebih meningkatkan lagi kebersihan dilingkungannya dan diikuti oleh semua RT di wilayah kecamatan cibarusah.

"Ya pastinya kita harus siap jika ketiga kandidat yang diajukan itu masuk nominasi yang terbaik di tingkat kabupaten Bekasi," harapnya.

Ketua Tim Penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani Kabupaten Bekasi Theo Ary Wibowo, S.STP, M.Si, mengatakan, Tim Penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani itu dari Dinas Perdagangan, Dinas LH, Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan lainnya. 

Saat ini tim penilai mendatangi dan menilai kampung bersih di Desa Cibarusah Kota di RT 02 RW 07 Perumahan Cibarusah Indah. 

"Insya Alloh indikator penilaiannya sesuai dengan penilaian dan selanjutnya akan dikembalikan lagi ke Dinas Lingkungan Hidup, memang penilaian kampung bersih ini ada enam indikator. Salah satunya adalah kebersihan lingkungan dan gotong royong," katanya.

Tambahnya, setelah tim meninjau, ini salah satu lokasi yang menurutnya bagus. Tetapi semuanya nanti hasil penilaiannya akan dikembalikan kepada tim dan kemudian ke Dinas Lingkungan Hidup. 

"Mudah-mudahan RT 02 RW 07 Kadus Dua Perumahan Cibarusah Indah Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah masuk yang terbaik di Lomba Kampung Bersih Makin Berani tingkat Kabupaten Bekasi," terangnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Desa Cibarusah Kota H Saepunnajat menjelaskan, pihak tim penilai dari Pemda Kabupaten Bekasi yang didampingi pihak kecamatan cibarusah yang mendatangi ke lokasi RT 02 RW 07 untuk kegiatan penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani. 

Yang penting kegiatan ini berjalan dengan lancar dan semoga kegiatan ini dapat menjadi dorongan khususnya di Desa Cibarusah Kota, agar semakin meningkatnya kebersihan dilingkungan, keamanan, gotong royong dan kekompakannya.

"Sebelumnya dari pengurus RW 07 ini dilakukan penilaian terhadap RT di wilayahnya, semua diikut sertakan setelah dilakukan penilaian ternyata RT 02 yang terpilih, sehingga diajukan ke tingkat kecamatan, mudah-mudahan RT 02 masuk yang terbaik," tutupnya. (Manah/Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait