Loading

Pemkab Ciamis Akan Launching Aplikasi "Helo Ciamis"


Penulis: Herz_Cms
0 Tahun lalu, Dibaca : 371 kali


Sekda Ciamis (Kanan), Kadis Kominfo (tengah), Kabid Telekomunikasi & Persandian (kiri), Rabu (29/3/2023) di Oproom Setda Ciamis bersama Kepala OPD Ciamis.

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com – Wujud salah satu janji misi Bupati Ciamis mengintegrasikan sistem tata kelola pemerintah dengan teknologi canggih di mana layanan internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat banyak, kini Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengaktifkan aplikasi bernama "Helo Ciamis".

Diterangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Ciamis, H. Tino Armyanto, Rabu (29/3/2023) di Setda Kabupaten Ciamis usai menggelar acara rakor upaya memaksimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023.

"Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Kominfo Kabupaten Ciamis telah menggelar rapat Tim Koordinasi SPBE Tahun 2023 bersama seluruh SKPD dan Unsur Bagian Setda Kabupaten Ciamis di Ruang OP Room Setda Kabupaten Ciamis.

Rakor tersebut dilaksanakan berdasarkan pada Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis selaku Koordinator SPBE Nomor 049/580/Diskominfo.04 tanggal 24 Maret 2023 perihal Undangan, pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023 bersama Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Koordinasi SPBE juga berdasarkan Keputusan Bupati Ciamis Nomor 800.01/Kpts.75-Huk/Tahun 2023 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Tahun Anggaran 2023," ungkapnya.

Lebih lanjut H. Tino Armyanto mengatakan dalam sambutan dan arahan Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Tatang, bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas implementasi SPBE yang lebih baik dan terlaksananya misi ke - 5 Kabupaten Ciamis “Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Efektif Dan Efisien”.

Ini pun bertujuan untuk indeks SPBE yang lebih baik, maka diperlukan pertemuan dan pembahasan Tim Koordinasi SPBE secara rutin yang membahas hal terkait dengan SPBE tahun 2023.

H. Tino menerangkan, dalam rangka mempersiapkan agenda Pemantauan dan Evaluasi SPBE Tahun 2023, seluruh SKPD perlu adanya persiapan yang kaitan dengan hal - hal yang diperlukan dalam menghadapi pemantauan dan evaluasi SPBE tahun 2023 tersebut.

Selain itu juga menginstruksikan kepada seluruh yang hadir turut tergabung dalam Tim Koordinasi SPBE Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis, untuk dapat bekerja sama, berkolaborasi dan bersungguh-sungguh agar kualitas SPBE semakin baik dan meningkat, sehingga kualitas layanan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ciamis semakin baik pula.

Rakor Implementasi SPBE 2023 Milik Pemkab Ciamis.

 

Sementara itu, Kabid Telematika dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis, Hendri Ridwansyah mengatakan terkait dengan Strategi dan Rencana Aksi Pemantauan dan Evaluasi SBBE Tahun 2023 ini berkaca dari Surat Kemenpan RB Nomor B/504/KT.03/2022 tanggal 31 Mei  2022 perihal Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi SPBE tahun 2022 yang menjelaskan lokus pemantauan tambahan SPBE tahun 2022 di lingkungan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Negara, Lembaga Non Struktur dan Pemerintah Daerah.

"Ya, berdasakan laporan hasil pemantauan SPBE tahun 2022 untuk Kabupaten Ciamis terdapat beberapa indikator yang mengalami penurunan dibandingkan dari tahun 2021 dari Tingkat Kematangan Domain Kebijakan hingga Tingkat Kematangan Domain Layanan," terang Hendri.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupten Ciamis dituntut memiliki strategi guna meningkatkan indeks SPBE tahun 2023, dimana Skema penilaian Indeks SPBE Tahun 2023 adalah Pemantauan dan Evaluasi.

Adapun tahapannya dimungkinkan untuk interviu dan penilaian visitasi yang berdasar pada Keputusan MenpanRB Nomor 962 Tahun 2021 Tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi SPBE.

Lebih lanjut Hendri membeberkan adapun strategi yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut : Domain Kebijakan, Pembuatan SK Tim Koordinasi SPBE Tahun 2023 dan Melaksanakan Reviu seluruh Kebijakan SPBE, Domain Tata Kelola, Melaksanakan Reviu Peta Rencana SPBE Tahun 2023, dan Penyesuaian antara Peta Rencana SPBE dengan DPA dan Pedoman.

"Domain Manajemen, Penyesuaian Manajemen SPBE dengan Peta Rencana hasil Reviu, dan Pelaksanaan Bimtek Audit TIK (Auditor Tersertifikasi) dan Domain LayananLayanan juga Melaksanakan Reviu SOP tiap layanan SPB, dan Penyesuaian Layanan Publik Pilihan dengan RB Tematik," paparnya.

Hendri menambahkan sekaligus menginformasikan untuk pemantauan dan Evaluasi SPBE akan dilaksanakan oleh KemenPANRB mulai Bulan April sampai dengan Oktober 2023 mendatang.

Adapun kata Hendri, rencana aksi yang disiapkan Tim koordinasi SPBE Kabupaten Ciamis adalah sebagai berikut : Kesatu, Pembuatan SK Tim Koordinasi SPBE dan SK Tim Asesor Internal SPBE Tahun 2023 dilaksanakan bulan Januari.

"Reviu Perbup 83 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan SPBE di Lingkungan Pemda dilaksanakan bulan Februari dan Maret. Reviu Perbup 15 Tahun 2022 Tentang Arsitektur dan Peta Rencana SPBE dilaksanakan bulan Februari dan Maret. Reviu Kebijakan lainnya seperti Peta Rencana, SOP dan Pedoman SPBE dilaksanakan bulan Februari dan Maret," katanya.

"Rapat Koordinasi Tim Koordinasi SPBE Kabupaten Ciamis dilaksanakan mulai bulan Maret hingga Desember dengan penyiapan narasi, Jawaban dan Bukti Dukung tiap Indikator TauVal SPBE dilaksanakan mulai bulan Maret hingga Desember. Sedang Bimtek Audit TIK direncanakan bulan April berikut dengan penyusunan SK Tim Audit TIK direncanakan bulan April yang rencananya pelaksanaan Audit TIK direncanakan bulan April dan Mei," terangnya.

Asih dari Hendri, guna memudahkan pelaksanaan entri data pengisian data dukung pemantauan dan evaluasi SPBE tahun 2023 Dinas Komunikasi dan Informatika membuat system informasi serupa dengan Monev SPBE yang dapat diakses melalui tautan https://situ.ciamiskab.go.id/

Hal tersebut kata Hendri bertujuan untuk memudahkan latihan menyusun narasi serta upload bukti dukung yang dibutuhkan dari semua Tim Koordinasi SPBE.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H. Tino Armyanto juga berkesempatan memperkenalkan Konsep Aplikasi Smart City Mobile berbasis Android dengan branding Helo Ciamis.

"Helo Ciamis" tersebut menyajikan berbagai informasi publik diantaranya : 1.) Pusat berbagai macam informasi yang dibutuhkan masyarakat Ciamis, 2.) Pusat integrasi aplikasi e-gov seluruh OPD Kabupaten Ciamis, 3.) Seluruh informasi di filter hanya berkaitan dengan Kabupaten Ciamis, 4.) Masyarakat bisa kerkontribusi secara data yang berbasiskan lokasi, 5.) Aplikasi disajikan kepada masyarakat melalui smartphone Android, 6.) Tampilan aplikasi dibuat menarik dan tidak membosankan dengan pilihan berupa miniature landscape pusat kota Ciamis atau pun ikon menu, 7.) Sebagian data diambil secara otomatis dan realtime, 8.) Disetiap waktu selalu update dengan fitur maupun data baru, 9.) Aplikasi ini disupport platform BIG DATA.

Dengan spesifikasi Aplikasi Mobile berbasis Android Portal Admin berbasis Web sebagian data sudah tersedia secara otomatis menggunakan robot, crawling dari Internet

Memiliki fasilitas bookmark, sharing dan notifikasi

Pengguna dapat menerima Broadcast informasi dari Admin dan nantinya Pengguna memiliki akses untuk berinteraksi di aplikasi, seperti memasang iklan e-commerce, berkomentar, melaporkan aspirasi, keluhan dan lain - lain.

Adapun kelebihan dari aplikasi Helo Ciamis ini disertakan e-Office Desa untuk masyarakat Ciamis mendapat layanan administrasi Desa, dan sekaligus disimulasikan kepada peserta rakor," pungkas Kadiskominfo.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait