Loading

Gedung SD di Indramayu Ambruk, Bupati Nina Agustina: Dampak Curah Hujan Tinggi


REPORTER: YONIF - EDITOR: YONIF
3 Bulan lalu, Dibaca : 134 kali


Gedung SD di Indramayu Ambruk, Bupati Nina Agustina: Dampak Curah Hujan Tinggi Yg Konstruksi bangunan dibangun tahun 2014 INDRAMAYU, MEDIKOMONLINE.COM - Sabtu, (6/7/2024) sekira pukul 16.30 WIB. Emp

Gedung SD di Indramayu Ambruk, Bupati Nina Agustina: Dampak Curah Hujan Tinggi 

Konstruksi bangunan dibangun tahun 2014

INDRAMAYU, MEDIKOMONLINE.COM - Sabtu, (6/7/2024) sekira pukul 16.30 WIB. Empat ruangan SD Negeri 2 Sukadana kecamatan Tukdana ambruk. Keempat ruangan itu terdiri dari 3 ruang kelas, dan 1 ruang guru. 

Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa ambruknya empat ruangan itu, karena berbarengan dengan libur sekolah. Upaya pembersihan puing reruntuhan hingga Minggu, 7 Juli 2024 terus dilakukan. Pihak sekolah dibantu warga setempat, menyingkirkan puing reruntuhan dari lokasi kejadian. 

Selain menyingkirkan puing reruntuhan, pihak sekolah, warga dibantu TNI dan Polisi juga menyelamatkan inventaris berupa bangku meja dan lain-lain. 

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, peristiwa ambruknya empat ruangan SD terjadi saat wilayah setempat diguyur hujan deras. Intensitas hujan yang tinggi ditambah tiupan angin kencang, diduga menjadi penyebab ambruknya sebagian gedung tersebut.

Dugaan itu dikuatkan dengan konstruksi bangunan yang menggunakan rangka atap baja ringan dan genting, tanpa plafon. Konstruksi gedung yang dibangun pada tahun 2014 itu diduga tak kuat menahan curah hujan tinggi dan angin kencang.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Caridin, mengatakan langkah awal adalah memastikan keselamatan murid, guru dan warga sekitar lokasi kejadian. 

Selanjutnya, kata dia, ia memerintahkan jajarannya agar waktu libur sekolah dimanfaatkan untuk memeriksa kondisi bangunan sekolah. 

"Saya minta semua jajaran cek kondisi bangunan sekolah terutama bangunan lama, diatas lima tahun atau lebih. Seperti SD Negeri 2 Sukadana itu kan dibangun tahun 2014, ambruk karena dampak cuaca," tukas Nina diamini Caridin dan Kepala Bidang Pembinaan SD, Untung Aryanto.***

Editor: Yonif


Tag : No Tag

Berita Terkait