Loading

Hari Guru Nasional, Guru Tak Bisa Tergantikan


hms/edie ns
4 Bulan lalu, Dibaca : 115 kali


Kepala SMKN Manonjaya, Wawan Munawar Ridwan

TASIKMALAYA, Medikomonline,com - Guru tidak bisa digantikan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SMKN Manonjaya, Wawan Munawar Ridwan saat ditemui di sekolah, baru-baru ini.

Dalam momentum Hari Guru Nasional ini, Wawan menuturkan, peran guru tak bisa tergantikan oleh teknologi sekalipun. Sebab, perannya bukan hanya sebagai pengajar, tapi juga fasilitator bagi anak. 

"Peran guru bagi siswa sebagai fasilitator itu tetap jadi nomor satu. Apalagi dalam optimalisasi kurikulum merdeka, guru sudah memberikan pelayanan terbaik kepada siswa dengan pembelajaran yang berdiferensiasi," ungkapnya. 

Saat ini, lanjutnya, guru sudah tidak lagi menyamaratakan siswa di kelas, tetapi memaksimalkan potensi yang dimiliki tiap siswa. "Pelayanan kepada siswa tidak disamakan, jadi khusus. Misal, untuk kelompok yang ini bagaimana, kelompok yang lain bagaimana sehingga siswa tetap merasa senang (karena sesuai dengan minatnya)," tuturnya. 

Wawan pun mengajak seluruh guru agar terus mengabdi untuk mencerdaskan generasi bangsa. "Jangan lelah tetap berkarya dan juga selalu memberikan pelayanan yang terbaik (bagi peserta didik)," imbuhnya.

Salah satu guru SMKN Manonjaya, Eva Nurhayati juga mengajak seluruh guru untuk terus belajar dan mengajar dengan terus beradaptasi dengan perubahan zaman. "Mari terus belajar supaya tidak kurang ajar dan mengajar supaya tidak henti belajar. Artinya, sebagai guru tetap harus bisa digugu dan ditiru dengan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman," pungkasnya.***

Tag : No Tag

Berita Terkait