Loading

Internalisasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila (P3) di Kalangan Peserta Didik


Penulis Suherman Komara, S.Pd., S.D.
1 Tahun lalu, Dibaca : 1178 kali


Gerak jalan

Oleh Suherman Komara, S.Pd., S.D.

(Guru SDN 1 Ciraja)

A.        Pengertian

Internalisasi nilai-nilai  profil pelajar Pancasila dikalangan peserta didik adalah proses pemahaman dan internalisasi nilai-nilai Pancasila yang merupakan landasan filosofis dan ideologis negara Indonesia,yang terwujud dalam sikap dan perilaku sehari-hari peserta didik.

Nilai-nilai Pancasila memiliki peran penting dalam pembentukan masa depan bangsa dan negara Indonesia, oleh karena itu sangat penting bagi generasi muda untuk menginternalisasikan nilai-nilai profil pelajar Pancasila tersebut. Penting bagi peserta didik untuk menyerap nilai-nilai tersebut, karena mereka adalah masa depan Indonesia dan akan menjadi pembawa tongkat estafet pembangunan bangsa. Oleh karena itu, internalisasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila dapat berdampak besar bagi masa depan bangsa.

B.        Upaya Menginternalisasikan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila. Salah satu strateginya adalah sebagai berikut:

1.         Memberikan pendidikan tentang prinsip nilai-nilai profil pelajar Pancasila

Sekolah dapat menciptakan kesadaran tentang nilai-nilai Pancasila dan memastikan bahwa peserta didik memahami filosofi dari nilai-nilai tersebut.

2.         Menumbuhkan rasa cinta tanah air

Guru berupaya sekuat tenaga untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air yang kuat di kalangan peserta didik dengan membahas nilai-nilai profil Pancasila secara luas dan mendalam.

3.         Menumbuhkan sikap toleransi

Sangat penting bagi peserta didik,menumbuhkan sikap toleran dan menolak paham-paham yang menjurus ke dalam sikap intoleran.

4.         Menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai

Saling menghormati dan saling menghargai adalah salah satu cikal bakal terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa.Dengan belajar dan menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai,peserta didik telah belajar menyemai benih-benih keamanan,ketentraman dan solidaritas yang tinggi di lubuk hatinya.

5.         Berpartisipasi dalam pesta olahraga

Baik pesta olahraga yang diselenggarakan oleh sekolah misalnya pertandingan olahraga antar kelas,maupun pesta olahraga yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa,atau pun penyelenggara yang lain.Pesta olahraga mengedepankan nilai-nilai sportivitas dan fair,merupakan metodologi yang sangat baik untuk menginternalisasikan nilai-nilai profil pelajar Pancasila. Olahraga mengajarkan prinsip adil dan disiplin, yang merupakan nilai integral dari Pancasila yang dapat diserap oleh peserta ddik.

6.         Menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat belajar melalui lingkungannya dan berinteraksi dengan individu yang menjalani kehidupannya dengan nilai-nilai tersebut.

Peserta didik juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada dilingkungan sekitar tempat tinggalnya.Dengan ikut berpartisipasi langsung,mereka dapat melihat bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk masyarakat yang adil dan beradab dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sila Pancasila.

Berikut adalah contoh nyata yang sering dilakukan oleh peserta didik dalam kesehariannya, dan ternyata mereka telah  menginternalisasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila:

a)         Menjenguk teman yang sakit

b)         Hormat dan patuh pada guru

c)         Hormat dan patuh pada kedua orangtua

d)         Menghormati orang yang lebih tua

e)         Menyayangi kedua orangtua

f)         Patuh dan taat pada peraturan sekolah

g)         Patuh dan taat pada peraturan di rumah

h)         Patuh dan taat pada peraturan lalu lintas

i)          Bekerjasama membersihkan ruangan kelas

j)          Bekerjasama menjaga kebersihan lingkungan sekolah

k)         Saling menghormati antar teman

l)          Membantu kesulitan yang dihadapi teman

m)        Belajar mengaji

n)         Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing

o)         Membantu kedua orangtua

p)         Tidak berkata kasar

q)         Bergotong royong mengumpulkan dana bantuan kemanusiaan

C.        Kesimpulan

Sangat penting bagi peserta didik  untuk menginternalisasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila untuk memastikan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Internalisasi nilai-nilai tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan, dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan sosial yang mencontohkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat.

Pemahaman peserta didik  terhadap nilai-nilai profil pelajar Pancasila dapat memastikan persatuan bangsa yang lebih kuat, keadilan sosial, perdamaian, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab sekolah, guru, dan orang tua,dan lingkungan, untuk menanamkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila tersebut kepada peserta didik dan membiarkan mereka memahami perannya dalam membangun Indonesia yang lebih baik berdasarkan sila-sila Pancasila.

Tag : No Tag

Berita Terkait