Loading

UNBK Terakhir 2020 SMP/MTs, Disdik Sumedang Optimistis 100 Persen Berbasis Komputer


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 945 kali


Kegiatan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun 2020

SUMEDANG, Medikomonline.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun 2020 di Gedung Aula Sarana Penunjang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, Rabu (11/03/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, serta para kepala SMP/MTs Negeri dan Swasta se-Kabupaten Sumedang.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga selaku Kasi Kurikulum pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Edi Suwardi mengatakan, Ujian Nasional tahun ini dilaksanakan bagi kelas tiga dan untuk Tahun 2021 adalah ujian tutup tahun kelas tiga.

“UN Tahun sekarang, UN 2020 adalah Ujian Nasional yang terakhir. Yang dilaksanakan bagi kelas 3. Tahun 2021 adalah, tutup kelas 3, kita melaksanakan Ujian Sekolah,” ujar Edi.

Meski demikian sebut Edi, UN masih tetap ada namun hanya ada di jenjang pertengahan di SMP kelas 8, SMA kelas 11. Itu pun bentuknya berupa sistem kompetensi minimal.

Karena itu, sebut Edi, pertemuan kali ini merupakan konsolidasi untuk mengetahui sejauh mana pihak sekolah dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional tersebut.

“Untuk Kabupaten Sumedang, alhamdulillah baik untuk SMP maupun MTs ini sudah seratus persen berbasis komputer,” jelas dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, Hasen mengatakan untuk tahun ini Disdik dan Kementerian Agama bersinergi dan berintegrasi dalam konteks melaksanakan aktivitas. Termasuk dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Insya Allah UNBK tahun ini adalah yang terakhir, walaupun tahun berikutnya masih ada, tetapi berbeda dengan Tahun ini. Pada tahun ini Disdik, Kementerian Agama Kabupaten Sumedang bersinergi dan beritegrasi dalam kontek melaksanakan aktivitas. Mudah-mudahan apa yang diharapkan baik yang menyangkut data maupun persiapan-persiapan infrastruktur lainya akan berjalan dengan baik. Sehingga melahirkan kompetensi yang terukur dan teruji, dan terintegrasi dari semua proses penyelenggaraan ini,” ujar dia.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Agus Wahidin memberikan apresiasi kepada Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sumedang atas kerja sama dan kolaborasinya. Dia pun memuji Kemenag Sumedang yang telah memiliki Aula yang besar.

“Jadi dengan kolaborasi ini kepala sekolah Dinas Pendidikan bisa ikut menikmati pasilitas negara yang nyaman dan megah ini. Kenapa kita harus bersama, karena tidak satu pun teori mengatakan filosopi pendidikan itu dikotomi (pemisah). Setiap segala sesuatu ada jalan dan jalan menuju syurga adalah ilmu,” tandas dia. 

Tag : No Tag

Berita Terkait