Loading

Disambut Meriah, Warga Bali Terpukau Penampilan Seni Budaya Indramayu


Penulis: Yonif - Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 1006 kali


Penampilan Seni Budaya Indramayu

BALI, MEDIKOMONLINE.COM – Gedung pertunjukan Ksisarnawa Art Center Denpasar, Bali, Rabu 14 Juni 2022 malam menjadi saksi kemeriahan penampilan seni budaya kabupaten Indramayu. Tak ayal apabila ratusan warga Bali yang menyaksikan penampilan seni budaya Indramayu itu dibuatnya terpukau. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menyawer dan minta foto bersama dengan para pemain seni budaya Indramayu tersebut.

Sesuai jadwal undangan, kontingen Kabupaten Indramayu diberi kesempatan oleh panitia Pesta Kebudayaan Bali (PKB) ke 44 tahun 2022, mempertunjukkan seni dan budayanya.

PKB adalah agenda tahunan Bali yang memberikan kesempatan pelaku seni dan budaya untuk bisa tampil. Jadwalnya selama sebulan penuh. 

Pada malam pertunjukan, rombongan Kabupaten Indramayu menampilkan empat kesenian sekaligus. Pertama, Tari Topeng disusul tradisi tari Rudat. Lalu ada tradisi Sintren dan ditutup dengan penampilan Berokan.

Yang tak kalah menjadi pusat perhatian adalah tampilnya dua gadis Ngarot asal Desa/Kecamatan Lelea. Keduanya bahkan menjadi obyek foto bagi masyarakat Bali.

Dari awal panggung pertunjukan dibuka, applous penonton tak pernah berhenti. Terlebih, diantara penonton itu, ada juga warga Jatibarang Indramayu dan warga Jawa Barat lainnya yang sudah menetap di Bali.

"Luar biasa, kami kagum dengan penampilan kesenian dan kebudayaan dari Kabupaten Indramayu. Masyarakat Bali sangat menikmatinya. Dan tahun depan kami pasti undang lagi," ungkap, I Wayan Mardika Bhuwana dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali serta Mira dari bagian Protokol dan Umum yang kebetulan menjadi host pada acara tersebut.

Pada kesempatan yang sama, ia juga menyerahkan penghargaan untuk Kabupaten Indramayu dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Penghargaan diterima Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, H Caridin. Ikut mendampingi, Kepala Bidang Kebudayaan, Uum Umiati.

"Ini sebuah kehormatan bagi Kabupaten Indramayu. Semua berkat semangat dan dukungan Ibu Bupati Nina Agustina dalam upaya mengangkat seni dan budaya menuju Indramayu Bermartabat," tukas Caridin.

Dalam perkembangan yang sama, meski tak sempat menyaksikan langsung, Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyampaikan apresiasinya untuk kontingen. Ia mengaku bangga karena seni dan budaya Indramayu terus dikenal masyarakat luas.

"Saya sedih tidak bisa datang ke Bali, tetapi saya bangga pada semuanya. Terima kasih sudah membawa harum Indramayu. Ayo bangkit seni dan budaya Indramayu," tandas putri mantan Kapolri Jendral Da'i Bachtiar.

Tag : No Tag

Berita Terkait