Loading

GMP Relawan Ganjar Buka Puasa Bersama di Ciamis "Ganjar Pranowo adalah Keturunan Galuh"


Penulis: Herz_Cms.
1 Tahun lalu, Dibaca : 594 kali


GMP Buka Puasa Bersama Masyarakat Ciamis

KAB.CIAMIS, Medikomonline.comGerakan Merah Putih (GMP) yang dipelopori H. Utawijaya Kusumah MM mengadakan buka puasa bersama dengan puluhan anggota ormas perwakilan dari Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran, Minggu (02/4/2023) bertempat di Rest Area Pamalayan Cijeungjing Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.

Silaturahmi dan konsolidasi yang bertajuk "Galuh Bangkit" pertama kali dilakukan di Ciamis seraya melihat bagaimana rakyat Indonesia di daerah mampu memperkuat jati diri bangsa.

Pembina GMP, Dr. H. Utawijaya Kusumah dalam sambutanya mengatakan, Kita harus berpegang teguh pada Pancasila agar Indonesia tidak tercerai berai.

"GMP Gerakan Merah Putih ini hadir untuk memperkuat jati diri bangsa di tengah banyaknya tantangan gerakan namun harus tertanam jati diri bangsa yang kuat. GMP memiliki tiga Gerakan, yakni menggelorakan cinta tanah air, menjaga NKRI, dan mendorong rakyat Indonesia makmur dan maju. Kita ingin ke depan gerakan ini memiliki pemimpin  (Presiden) oleh orang-orang yang memiliki niat yang sama salah satunya yang kami dorong adalah Ganjar Pranowo," terangnya.

Suasana Jelang Buka Puasa diisi pemaparan Pembina Umum GMP.

Utawijaya yang akrab disapa Romo menyampaikan, bahwa Ganjar Pranowo itu asli keturunan Galuh dari Sanjaya Putra Wreti Kandayun Raja Galuh Pertama sehingga Ganjar Pranowo mempunyai trah Sunda.

"Pak Ganjar itu dari bapaknya Raden Abdulah, Rd Mansyur sampai ke Sunan Kalijaga mantu dari Sunan Kudus yaitu Nyai Salamah dari Sunan Kalijaga ini melahirkan Paku Buono VIII. Dari Paku Buono melahirkan Rd Abdullah dan mempunyai anak yaitu Rd Mansyur dan punya anak yaitu Ganjar Pranowo. Maka alangkah bagusnya kalau kita ingin orang Sunda mempunyai pemimpin ke depannya, saya melihat keturunan Sunda Galuh yang tertua ya pa Ganjar Pranowo," katanya.

“Untuk itu khusus di Tatar Pasundan terlebih di Kabupaten Ciamis mari kita mulai kenalkan bahwa Pak Ganjar Pranowo adalah turunan Galuh Ciamis sini," pungkas Utawijaya Kusumah.

Tag : No Tag

Berita Terkait