Loading

KPU Ciamis Tingkatkan Kerjasama dengan Insan Pers


Penulis: Herz_Cms
5 Bulan lalu, Dibaca : 167 kali


KPU Ciamis Silaturahmi ke IPJI Ciamis, Rabu (22/11/2023) di Sekertariat IPJI Ciamis Jln. Koperasi No. 100

CIAMIS, Medikomonline.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis Jawa Barat mendatangi beberapa kantor organisasi profesi wartawan di Ciamis, Rabu (22/11/2023).

Diantaranya, PWI Persatuan Wartawan  Indonesia, IPJI Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia dan IJTI Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Kabupaten Ciamis.

Tujuan tersebut tiada lain untuk membangun sinergisitas dan kerjasama dalam menyukseskan  pemilu serentak yang tinggal hanya beberapa bulan kedepan tepat tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

"Pelaksanaan pemilu harus berjalan lancar, kondusip, sukses dan damai sesuai jadwal/tahapan yang sudah ditetapkan".

Hal tersebut disampaikan, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Said Antanjani didampingi Sekertaris KPU Ciamis, Agus Kurniawan dan Sat Intel Kam 1 bidang Politik Polres Ciamis, Iptu Cece di Sekertariat IPJI Ciamis Jln. Koperasi No. 100.

Said mengatakan, suksesnya pemilu serentak mendatang sebenarnya tanggungjawab bersama. Apalagi insan pers memiliki tugas dan peranqn penting dalam menyampaikan berita sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 kepada masyarakat luas.

"Tahapan-tahapan KPU sudah ditetapkan sehingga kegiatan harus berjalan sesuai yang sudah ditetapkan, " Ujar Said Antanjani.

Said Antanjani meminta kepada rekan-rekan media dibawah naungan IPJI Ciamis, untuk membantu menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat Ciamis melalui kegiatan-kegiatan yang akan dan sedang dilaksanakan oleh KPU Ciamis, "pintanya.

Lebih lanjut Said mengatakan, saat ini KPU juga telah melaksanakan penerimaan calon partai peserta pemilu dari mulai DCS Daftar Calon Sementara hingga Penetapan DCT Daftar Calon Tetap termasuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

"KPU Ciamis telah menerima sarana prasarana dari KPU Pusat berupa bilik suara, kotak suara, Jarum, busa, tinta dan lainnya yang hingga kini disimpan di 4 gudang  KPU degan penjagaan ketat dari APH. Untuk surat atau kertas suara belum datang, nantinya pada waktunya setelah semuanya lengkap pihak KPU akan mendistrbusikannya ke tempat pemungutan suara (TPS) ke seluruh Desa,"ungkapnya.

"Guna memudahkan rekan media dalam meng update bahan berita seputar pemilu, KPU Ciamis akan membuat media center, atau pojok media dan call center KPU," imbuhnya. 

Foto : KPU dan IPJI Ciamis Sepakat Sukseskan Pemilu Serentak Penuh Kedamaian.

Sementara Ketua IPJI Ciamis Muhamad Rifa'i mengatakan, bersama jajaran menyambut baik kunjungan silaturahmi yang dilakukan pihak KPU Ciamsi serta mengapresiasi dengan terobosan KPU secara langsung datang menyambangi Insan Pers yang ada dibawah naungan IPJI Ciamis.

Rifa menjelaskan, IPJI merupakan perkumpulan para penulis dan para jurnalis yang ada diseluruh Indonesia, IPJI lahir disaat era reformasi yaitu pada tahun 1998, yang hingga kini keberadaannya sudah 24 tahun dan tentunya sudah mempunyai kekuatan payung hukum yang kuat.

"Untuk jumlah personel IPJI Ciamis, baik pengurus dan anggota berdasarkan SK  kepengurusan yang baru, tercatat ada 32 orang yang tergabung, mereka terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekertaris, Bendahara serta 8 Wakil Bidang dan anggota. Dari 32 orang tersebut, semuanya merupakan Insan Pers yang berlabuh pada perusahan media yang sudah sesuai UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Media yang tergabung pada IPJI Ciamis legalitas perusahaan medianya sudah berbadan hukum PT (Perseroan Terbatas), " terangnya.

Dia menambahkan, salah satu dari program IPJI Ciamis masa bhakti 2020-2025, dalam programnya ada Jurnalis Kawal Pemilu.

Diketahui pada tahun 2024 nanti memasuki tahun politik dimana ditahun tersebut akan dilaksanakan hajat demokrasi dari mulai pemilihan Presiden, Pileg baik anggota DPR, DPRD Provinsi, DPR RI serta DPD dan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur dan Bupati beserta Wakil Bupati.

DPC IPJI Ciamis bersama KPU Ciamis sepakat dan siap mengawal pesta Demokrasi 2024 agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar, sejuk dan dan sukses tentunya dengan tupoksi dan caranya masing-masing.

"Demi terwujudnya hajat Demokrasi 2024 yang damai, IPJI Ciamis bersama KPU Ciamis siap mensukseskan pemilu serentak dan mengawal pesta hajatan 5 tahunan tersebut agar dalam pelaksanaannya jurdil, lancar, damai, aman dan sukses serta berintegritas ," Pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait