Loading

Panwaslu Kecamatan Cikarang Pusat Gelar Press Release Pengawasan Logistik Pemilu 2024 di Kecamatan Cikarang Pusat


Agus/Manah
4 Bulan lalu, Dibaca : 190 kali


AGUS/MANAH/MEDIKOMONLINE.COM Foto bersama usai acara kegiatan Press Release Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024.

CIKARANG PUSAT, Medikomonline.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Cikarang Pusat melaksanakan kegiatan Press Release Pengawasan Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024. Yang dihadiri oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Cikarang Pusat serta anggota dan jajarannya, Camat Cikarang Pusat, Kasi trantib Kecamatan Cikarang Pusat, serta awak media yang digelar di Kecamatan Cikarang Pusat, Selasa (12/12/2023). 

Menurut Ketua Panwaslu Kecamatan Cikarang Pusat Ahmad Kamil Ali mengatakan, selain pengawasan Masa Kampanye, Panwaslu Kecamatan Cikarang Pusat juga melakukan Pengawasan terhadap Logistik Pemilu sesuai dengan Pasal 2 Perbawaslu 12 Tahun 2023 Tentang Pengawasan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Pemungutan Suara, dukungan perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilu di Wilayah Kecamatan. 

"Pengawasan tersebut penting dilakukan untuk memastikan adanya Ketersedian Teknis/ Infrastruktur Pemilihan Suara, agar prosedur pemberian suara berjalan lancar dan aman dan sebagai Upaya pencegahan atas manipulasi Proses Pemilu," ucapnya. 

Katanya lagi, Jenis Logistik Meliputi :

A. Kotak Suara, B. Surat Suara, C. Tinta, D. Bilik Suara E. Segel, F. Alat Untuk memberi tanda pilihan dan G.TPS.

Metode pengawasan yang dilakukan berupa Pemetaan Kerawanan dalam pendistribusian logistik. Dalam hal pengawasan logistik Panwaslu Kecamatan Cikarang Pusat selalu berkordinasi dengan PPK Kecamatan Cikarang Pusat untuk menentukan titik rawan pendistribusian logistik berupa akses geografis, kekurangan atau kelebihan surat suara dan logistik, surat suara tertukar, ketepatan waktu dan keamanan distribusi logistik dan Faktor Cuaca karena pemungutan suara masih memasuki musim hujan sehingga pemetaan daerah rawan banjir perlu juga di perhatikan sebagai antisipasi kerawanan logistik Pemilu. 

"Selain itu Panwaslu Kecamatan juga berkordinasi dengan instansi pemerintah daerah diwilayah Kecamatan. Sekedar informasi Gudang logistik KPU Kabupaten Bekasi berada diwilayah Kecamatan Cikarang Timur," terangnya.

“BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU”.

Tag : No Tag

Berita Terkait