Loading

Belum Jadi Masjid Besar Banjarsari Menjadi Tempat Halalbihalal Bupati


Penulis : Herz_Cms.
10 Bulan lalu, Dibaca : 340 kali


Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM dalam sambutan acara akbar halalbihalal dan pembangunan Masjid Besar Banjarsari.

CIAMIS, Medikomonline.com - Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM menghadiri langsung acara Halalbihalal 1 Syawal 1444 Hijriyah/2023 Masehi bersama masyarakat Banjarsari didampingi Sekda Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, M. Pd, Selasa (30/5/2023) di Masjid Besar Banjarsari Tepat samping Barat  Alun - Alun Banjarsari, Kabupaten Ciamis.


Hadir pada acara akbar halalbihalal dan pengajian itupun para tokoh masyarakat, Bupati Ciamis sebagai Pelindung pada Panitia Pembangunan Masjid Besar Kecamatan Bnaharsari, Penasehat, Drs. H. Agun Gunanjar Sudarsa sekaligus Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Pembina Pambangunan Sekda, Dr. H. Tatang, M. Pd, dan Drs. H. Dayat Hidayat K, MM mantan Sekda Ciamis, Ketua Panitia Pembangunan, H. Uju Sukarsa Wijaya, Bidang Pembangunan H. Ramli Mahmud, SE dan Ribuan jemaah pengajian dan Halalbihalal.


Foto ; Bupati Ciamis langsung memberiian bantuan uang sebesar Rp. 1 milyar dari APBD Ciamis 2023 tanpa potongan dan kontak.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ciamis mengucapkan  selamat Idul Fitri 1444 hijriyah/2023 masehi, Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin".

Meski sudah lepas satu bulan dari 1 Syawal 1444 Hijriyah kemarin 22 April 2023 hanya saja makna silaturahmi halalbihalal ini tidak akan mengurangi rasa hikmah dan berkah.

"Sebenarnya Bupati merasa malu jika melihat kondisi masjid besar Banjarsari ini dari tahun 2017 sampai sekarang belum bisa selesai, padahal disatu sisi Banjarsari memiliki selogan "Banjarsari Kota Nyari dan Santri".

Namun semua ini adalah karena keterbatasan anggaran, inginnya sih kalau bisa sesegera mungkin diselesaikan hanya lagi - lagi keterbatasan anggaran.

Akan tetapi pihaknya di tahun ini Bupati Ciamis memberikan bantuan uang sebesar Rp. 1 Milyar dari APBD Kabupaten Ciamis kontan tanpa potongan, "ujarnya.

"Demi lancarnya pembangunan butuh kebersamaan. Kebersamaan adalah kunci sukses. Maka ini perlu kerjasama secara menyeluruh.

Dirinya berharap mudah - mudahan tetap pembangunan masjid besar Banjarsari ini bisa segera mungkin selesai.

Bahkan lahan yang di pakai pendirian pembangunan masjid besar banjarsari ini di atad tanah Pemda. Untuknya, dirinya dengan senang hati dan berani akan memberikan aset pemda ini demi sarana peribadahan, "tuturnya.

"Ini perlu bergerak semua pihak, melalui camat, kepala desa yang ada untuk sesegera mungkin juga mencari sedekah atau amal jariyah demi cepat pembangunan masjid besar ini bisa selesai, "pinta Bupati.

Foto ; Ketua Pembangunan Masjid Besar Banjarsari, H. Ucu Sukarsa Wijaya dalam sambutan 

Sementara itu, Ketua Pembangunan Masjid Besar Banjarsari, H. Ucu Sukarsa Wijaya mengatkan, Pembangunan Masjid Besar Al-Qausain ini merupakan keinginan warga masyarakat Banjarsari yang masyarakatnya mempunyai potensi agamis dan mempunyai julukan "Banjarsari Kota Nyari dan Santri".

"Pendirian Masjid Al - Qausain tepat di alun - alun Banjarsari ini merupakan simpul pusat nantinya mampu menyebarkan agama islam ke seluruh pelosok desa khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Banjarsari.

Hal tersebut pun diperkuat Surat Keputusan Bupati Nomor 451.1/KPTS.437-HUK/2022 tentang Pembentukan Panitia Pembangunan Masjid Besar Al-Qausain Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, "katanya.

"Awal hendak dibangun Masjid Besar ini dimulai tahun 2017 dengan membentuk panitia pembangunan dan adanya hibah tanah milik Pemda Ciamis.

Dibutuhkan anggaran keseluruhan untuk membuat pembangunan masjid besar ini sebesar Rp. 16. 470.390.000 (Enam Belas Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Juta Tiga Ratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah).


Foto : Ribuan jemaah halalbihalal dan pengajian akbar di Banjarsari.

Adapun Alhamdulillah pendapatan tahun 2017 sampai dengan 2020 baru terkumpul sebesar Rp. 1.074.392.650, dan sampai Desember Tahun 2020 menerima dana sampai Rp. 79.942.100.

Di tahun 2021 menerima dana sampai bulan Desember 2021 sebesar Rp. 373.893.630.

Tahun 2022 kemarin menerima dana/bantuan sebesar Rp. 1.905.877.798. Selanjutnya sampai bulan Mei Tahun 2023 ini menerima bantuan sebesar Rp. 1.655.221.239,"terangnya 

"Sumber bantuan tersebut didapat dari Bupati Ciamis, Bapak Dr. H. Agun Gunandjar Sudarsa, Dr. H. Hardianto,  SH, LLM selaku Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI sekaligus putra daerah Banjarsari serta para donatur lainnya.

"Alhamdulillah juga tahun ini 2023 mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis sebesar Rp. 1 Milyar.

Tentunya pihaknya bersama seluruh warga masyarakat mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan semua pihak.

"Masih Banyak Kekurangan Dana"

Meski sudah banyak yang turut serta membantu akan tetapi guna menyelesaikan pembangunan masjid besar Banjarsari ini pun masih bnayak memerlukan bnatuan. 

Dari dana yang terkumpul masih menyisakan kekurangan masih banyak yakni sekitar Rp. 11 milyaran. Untuk itu tentu kami juga akan terus berupaya mencari bantuan lain agar bisa cepat selesai, "ungkapnya.

"Mudah - mudahan pembangunan masjid besar Banjarsari ini bisa cepat diselesaikan dan kami pun berharap masih amanah, " Pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait