Loading

Cari Bibit Lokal Qori dan Qoriah, Kecamatan Bojongmangu Gelar STQ Tahun 2023.


Manah/Agus
9 Bulan lalu, Dibaca : 201 kali


MANAH/MEDIKOMONLINE.COM. Foto : Plt Camat Bojongmangu Sapto Noviantoro didampingi Kasi PMD, Kasi Trantib dan Kasubag Perencanaan saat memberikan keterangan terkait kegiatan STQ, kepada awak media, pad

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Untuk mencari bibit-bibit lokal Qori dan Qoriah, Kecamatan Bojongmangu, menggelar Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) dengan tema "Mari Wujudkan Hidup Penuh Makna dengan Memahami dan Mengamalkan Kandungan Al Qur'an". Kegiatan STQ tersebut diikuti enam desa yang dibuka langsung Plt Camat Bojongmangu Sapto Noviantoro dihalaman Kantor Kecamatan Bojongmangu, pada Rabu (19/7/2023).

Plt Camat Bojongmangu Sapto Noviantoro menuturkan, pada hari ini patut disyukuri telah dilaksanakannya kegiatan STQ tingkat kecamatan bojongmangu di tahun 2023 ini. Dan kegiatan ini bertepatan dengan Tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharram 1445 Hijriyah atau 19 Juli 2023.

"Jadi maksud dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jiwa-jiwa bagi muda-mudi di masyarakat kecamatan bojongmangu dengan nilai-nilai religius yaitu dengan melalui media STQ, karena didalamnya ada Seni, hingga bagaimana menguatkan dan menterjemahkan nilai-nilai Al-Qur'an dan hadist," terangnya.

STQ ini jelas Sapto, memperlombakan 5 kategori, dan semua desa mengikutinya. Untuk ke depannya, dalam penyelenggaraan STQ, setelah kita dilanda Covid, agar lebih meriah lagi. Tentunya harus ada sosialisasi sebelum penyelenggaraan STQ, dan peran rekan-rekan media pun dapat membantu suksesnya kegiatan ini.

"Memang kegiatan saat ini masih cukup sederhana, insya Alloh tahun depan lebih baik dan lebih meriah lagi," harapnya.

Tentu saja, dalam STQ ini, ada bibit-bibit Qori dan Qoriah asli warga kecamatan bojongmangu yang nanti bisa mewakili kecamatan bojongmangu ke STQ tingkat kabupaten. Yang harus dilakukan adalah peningkatan kualitas, misalkan yang juara-juara satu ini bagaimana supaya mewakili Kecamatan Bojongmangu nanti dapat meraih hasil yang maksimal ditingkat kabupaten. Harapannya Kasi PMD dapat melakukan pembinaan bersama pemdes, MUI dan juga pihak KUA," tegasnya.

Sementara itu Kasi PMD sebagai Panitia Pelaksana STQ Kecamatan Bojongmangu Kandi Sunarya menjelaskan, dalam kegiatan STQ saat ini ada lima Kategori yang diperlombakan yakni Marawis, Murotal, Tilawah, Tahfiz dan Kaligrafi. Tapi sebelumnya digelar terlebih dahulu adalah kegiatan Pawai Ta'aruf yang diikuti enam desa, Desa Medalkrisna 83 orang, Sukamukti 58 orang, Sukabungah 79 orang, Karangmulya 54 orang, Karang Indah 45 orang, dan Desa Bojongmangu mengirimkan 50 orang peserta pawai ta'aruf.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah desa, Panitia dan seluruh pesantren serta masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Bojongmangu," pungkasnya

Tag : No Tag

Berita Terkait