Loading

Gebyar Pekan Muharam Desa Sukaluyu


Penulis: Nanang
14 Hari lalu, Dibaca : 145 kali


Kepala Desa Sukaluyu Asep Kurniawan ,SH.I, Ketua MUI Desa Sukaluyu H. Ukat Basar S.Pdi, dan Camat Sukawening Jeje J. Abidin,S.STP.,M.Si , TNI, Polri dan tokoh keagamaan se-Desa Sukaluyu.

GARUT, Medikomonline.com - Kepala Desa Sukaluyu Asep Kurniawan, SH.I membuka acara Gebyar Pekan Muharam  yang di selenggarakan halaman Desa Sukaluyu Kecamatan  Sukawening, Kabupaten Garut, Minggu (7/7/2024).

Pemerintah Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut ,Provinsi Jawa Barat. Memperingati awal tahun baru 1446 Hijriah mewujudkan kebersamaan untuk mencapai Ridho lillahi dalam menciptakan masyarakat yang Balddatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghafur.


Foto: Enam anak ikut sunatan masal.

Kemeriahan Gebyar Pekan  Muharam merupakan agenda tahunan yang selalu diperingati oleh seluruh umat Islam bahkan di penjuru dunia termasuk di Indonesia tercinta ini.

Hal ini ajang yang sangat penting bagi umat Islam yang khususnya di Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut.

Karena di dalamnya terdapat syiar dakwah islam,yaitu akulturasi budaya agama Islam dengan budaya Nusantara seperti pawai obor,pelksanaan peringatan tahun baru Islam yang diselenggarakan oleh pemerintah Desa Sukaluyu dan di dukung penuh MUI Desa Sukaluyu dengan di Ketua H. Ukat Basar S.Pdi.

Foto: Kepala Desa Sukaluyu Asep Kurniawan, SH.I membuka acara Gebyar Pekan Muharam yang diselenggarakan di halaman Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut.

Dengan rangkaian acara  menggelar beraneka lomba. Mulai dari lomba tumpeng, lomba keagamaan, pawai obor, pentas seni islami, tablig akbar, santunan anak yatim dan khitanan masal.

“Kades Sukaluyu Asep Kurniawan  SH.I  mengatakan salah satu agenda dari rangkaiyan Apbedes yang telah di tetapkan walaupun dengan anggaran yang tidak terlalu besar, sangat terbatas dan anggaran Desa ini tapi alhamdulillah kegiatan Muharam ini meriah dalam sepekan, mulai dari perlombaan kegiatan pawai obor serta pentas seni dan akhirnya dengan tablig akbar yang alhamdullilah kita mengundang mubalig yang cukup kompeten, ”ujarnya.

Foto: Camat Sukawening H. Jeje J. Abidin,S.STP.,M.Si menyecep sunatan masal.

“ Ketua MUI Desa Sukaluyu H.Ukat Basar S.Pdi mengatakan kegiatan keagamaan yang d selenggarakan di Desa Sukaluyu ini lebih bayak di bulan mulud atau di bulan Rabbiul awal di bulan Raja tapi jarang di bulan Romadon, bulan Romadon ini bulan tragedi dengan peristiwa atau bulan yang terjadi menimpa para nabi dan umat silam alhamdulillah dengan kemenangan, maka dengan kegiatan ini di harapkan bisa berubah yang tadinya mungkin yang belum di maknai umat Islam sebagai umat beragama lebih tinggi dari pada yang lama, maka dengan gebyar Muharam ini mudahkan umat Islam   bisa kreatif dan bisa solitoladan bagi umat yang lain, anggaran kegiatan ini di dapatkan dana desa dan donatur saudara saudara kami atau para Agnia yang asalnya dari desa Sukaluyu  kemudian sekarang berada d luar kota dan terima kasih kepada memberikan donatur atas acar Muharam ini, ”ujarnya

kegiatan itu diselenggarakan untuk ikut menyemarakkan datangnya tahun baru Islam, dengan melibatkan MUI Desa Sukaluyu , tokoh masyarakat,RW,PKK dan seluruh aparat Desa Sukaluyu  terlibat ke panitaan  menyambut tahun baru Hijriah ini.

Turut hadir tamu undangan  Bapak Camat , TNI, Polri , Ketua MUI Kecamatan, KUA Kecamatan dan tokoh keagamaan sedesa Sukaluyu. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait