Loading

Kecamatan Cikarang Selatan Adakan MTQ Ke VI Tahun 2023.


Agus/Manah
9 Bulan lalu, Dibaca : 223 kali


AGUS/MANAH/MEDIKOMONLINE.COM. Foto : saat Camat Cikarang Selatan membuka langsung kegiatan MTQ ke VI tingkat Kecamatan Cikarang Selatan dengan menabuh beduk, yang dilaksanakan di aula kecamatan lantai

CIKARANG SELATAN, Medikomonline.com - Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi mengadakan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke VI (Enam) tingkat kecamatan cikarang selatan tahun 1445 H/2023. Kegiatan MTQ ke VI ini untuk "Mewujudkan Masyarakat Religius dan Berakhlak Mulia Menuju Bekasi Makin Berani".

Camat Cikarang Selatan Muhammad Said mengatakan, pelaksanaan MTQ ini selain sudah menjadi kegiatan rutin, itu memang kita dorong atas permintaan dari masyarakat, kemudian pemerintah mewujudkannya, tentunya dalam rangka lebih menyemarakkan, kemudian menjaga budaya atau kultur masyarakat kabupaten Bekasi yang memang indentik dengan masyarakatnya yang religius. Juga menginginkan lebih membumikan ajaran-ajaran Al-Qur'an ditengah masyarakat, tidak hanya nantinya menjadi simbol-simbol.

Kegiatan ini harus kita semarakan dan tentunya kita berharap kedepannya bukan hanya kegiatan mtqnya saja, tetapi ada kegiatan syiar yang lainnya. 

Bahkan Kita kembangkan supaya generasi muda ini paham betul dan tahu bagaimana membaca Al-Qur'an, menulis Al-Qur'an, tahu artinya dan kemudian mengimplementasikannya didalan kehidupan bermasyarakat dan menatap masa depannya.

"Disemua kecamatan kan sama melakukan kegiatan MTQ walaupun waktunya berbeda-beda, tentunya dalam rangka mencari bibit-bibit unggul digenerasi muda, yang pintar membaca, menulis, menghapal dan tahu artinya dan ini dilombakan. Maka yang juara akan diberikan hadiah dan penghargaan, kemudian yang juara tersebut dibina dan akan diikut sertakan di kegiatan MTQ tingkat kabupaten bekasi," kata Said kepada awak media, usai membuka langsung kegiatan MTQ ke VI tingkat Kecamatan Cikarang Selatan, pada Rabu (26/7/2023).

Agar yang juara tadi, lebih mumpuni dalam penguasaan Al-Qur'annya, pihak kecamatan akan berkoordinasi intensif dengan pihak desa, RT dan RW, tokoh masyarakat, lembaga-lembaga pendidikan. Tentu saja dengan harapan yang dibina tersebut menjadi maksimal dalam kegiatan MTQ di tingkat kabupaten bekasi nanti.

"Saya berharap kegiatan seperti ini tidak sekedar seremonial saja, tetapi menjadi baik dengan mengambil hikmahnya, substansinya, kemudian membumikan Al-Qur'an dan yang terpenting mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Cikarang Selatan H Udung Budiawan menerangkan, MTQ ke VI tahun 2023 tingkat Kecamatan Cikarang Selatan ini dimeriahkan dengan pawai ta'aruf dari tujuh desa, dan bertemakan, "Kita Wujudkan Masyarakat Religius dan Berakhlak Mulia Menuju Bekasi Makin Berani". Tujuan dari MTQ ini untuk membangkitkan dan menumbuhkan syiar Islam dilingkungan masyarakat serta menumbuhkan rasa cinta terhadap Al Qur'an khususnya dikalangan remaja dan generasi muda kecamatan cikarang selatan.

Untuk tempat lomba, di Aula Kecamatan Lantai Tiga, Aula rapat camat ciksel lantai dua, command center, dan mushola.

"Alhamdulillah, katagori yang diperlombakan pada MTQ ke VI tahun 2023 ini adalah Qiroat, Tahfiz, Tilawah, Syahril Qur'an, Fahmil Qur'an, Murotal, Kaligrafi dan Qosidah," terang Udung.

Tag : No Tag

Berita Terkait