Loading

Pekeling, Nishfu Sya'ban Itu Malam Pengampunan atau Maghfiroh


Reporter: Yonif Fatkhuroni
2 Bulan lalu, Dibaca : 95 kali


Malam Nisfu Sya’b?n, yaitu membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali yang dilanjutkan dengan berdoa.



Pada malam Nishfu Sya’ban buku catatan amalan manusia selama satu tahun diserahkan kepada Allah SWT dan diganti dengan yang baru. 

INDRAMAYU, MEDIKOMONLINE.COM Salah satu keistimewaan Bulan Sya’ban adalah terletak pada pertengahannya yang lazim disebut Nishfu Sya'ban. Secara harfiyah istilah Nisfu Sya’ban berarti hari atau malam pertengahan bulan Sya'ban atau tanggal 15 Sya'ban. 

Pada malam Nishfu Sya’ban buku catatan amalan manusia selama satu tahun diserahkan kepada Allah SWT dan diganti dengan yang baru. Imam Ghazali sebagaimana dilansir Pekeling, mengistilahkan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan).

Menurut al-Ghazali, pada malam ke-13 bulan Sya'ban Allah SWT memberikan seperti tiga syafaat kepada hambanya. Sedangkan pada malam ke-14, seluruh syafaat itu diberikan secara penuh.

Dengan demikian, pada malam ke-15, umat Islam dapat memiliki banyak sekali kebaikan sebagai penutup catatan amalnya selama satu tahun. Karena pada malam ke-15 bulan Sya’ban inilah, catatan perbuatan manusia penghuni bumi akan dinaikkan ke hadapan Allah SWT. 

Para ulama menyatakan bahwa Nisfu Sya'ban juga dinamakan sebagai malam pengampunan atau malam maghfirah, karena pada malam itu Allah SWT menurunkan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi, terutama kepada hamba-Nya yang saleh. 

Bila ditinjau dari segi amaliyah, termaktub beberapa hal yang lazim dilaksanakan pada malam Nisfu Sya’b?n, yaitu membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali yang dilanjutkan dengan berdoa. 

Keistimewaan lain dari malam Nishfu Sya’ban adalah sebagaimana digambarkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Imam ‘Asakir, dan Al-Baihaqy berikut:

Artinya “Ada 5 malam di mana doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya‘ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

Karenanya selagi masih ada waktu dan sebelum datang saatnya malam Nishfu Sya’ban, maka sejak saat ini kita siapkan diri untuk menghadapi malam yang sangat penting tersebut. Wallahu A'lam Bisshawab. 

Reporter: Yonif



Tag : No Tag

Berita Terkait