Loading

Youtube Sebagai Wadah Kreativitas & Bisnis


Penulis: Ajeng Vinka
3 Tahun lalu, Dibaca : 677 kali


Ajeng Vinka, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Oleh Ajeng Vinka / B / L100170014

(Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Perkembangan Teknologi dan Social Media

Berkembangnya teknologi dewasa ini memang tidak dapat dipungkiri dan dapat menjadi pengaruh besar terhadap kehidupan. Media sosial timbul karena teknologi yang dimiliki pada zaman ini begitu canggih dan hal tersebut disebabkan oleh adanya Revolusi Industri 4.0 yang memiliki potensi untuk membuat daya personal maupun masyarakat, karena revolusi industry 4.0 dapat menciptakan peluang baru bagi ekonomi, sosial, maupun pengemban diri pribadi.

Dalam internet tentu adanya media sosial yang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat terutama generasi millenial selain sandang, pangan, dan papan. Jejaring social seperti Youtube, Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook, Snapchat, Line, dan lain-lain merupakan hal yang paling banyak diunduh masyarakat dan saat ini yang sering digunakan salah satunya merupakan aplikasi Youtube.


Gambar 1. Persentase Penggunaan Media Massa

YouTube merupakan media yang sangat cocok untuk masyarakat yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel, karena YouTube mengandung informasi berupa video yang rata-rata masyarakat lebih menyukainya ketimbang harus membaca. Perkembangan Youtube di Indonesia pada saat ini semakin pesat, karena jumlah pengguna YouTube di Indonesia yang setiap harinya mengalami kenaikan sehingga popularitas YouTube diproyeksikan akan terus meningkat. Bahkan, riset yang telah dilakukan oleh Lembaga Pasar Statistika memprediksi bahwa jumlah penggunanya akan mencapai angka 1,8 miliar orang pada tahun 2021 nanti.

Media Baru dan Masyarakat Virtual

Dewasa ini, masyarakat menjadi sangat ketergantungan karena fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi semakin banyak, dan hal tersebut merupakan salah satu sebab mengapa masyarakat sekarang lebih menyukai pola komunikasi dengan menggunakan media sebagai perantaranya dibandingkan pola komunikasi pada umumnya atau biasa disebut tatap muka.

Perkembangan teknologi dan informasi memang dijadikan salah satu tolak ukur kemajuan suatu negara. Suatu negara akan maju jika teknologi yang mereka miliki sudah sangat canggih dan bersifat merata. Berbeda dengan negara-negara yang masih berkembang yang belum cukup memiliki teknologi yang memadai dan belum merata.

Kreativitas Tanpa Batas!

Adapun dampak-dampak yang disebabkan oleh Youtube, beberapa contoh dampak positive dari Youtube yaitu sebagai media pembelajaran. Tidak sedikit pelajar ataupun mahasiswa yang menggunakan media Youtube sebagai media pembelajaran mereka karena tidak paham dengan yang disampaikan guru atau dosennya. Selain itu, Youtube juga membuat menjadi lebih berpikir kreatif karena dengan seringnya menyaksikan Youtube dengan konten yang bermanfaat serta beredukasi dapat membantu atau dapat menjadikan pikiran lebih terbuka sehingga mendapatkan banyak referensi untuk berkreativitas.

Semangat Berproses!

Dengan begitu, para millenial dapat memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dengan membentuk kreativitas tanpa batas, seperti halnya membuat konten yang belum pernah ada sebelumnya sehingga dapat menarik perhatian para penonton dan menaikkan jumlah viewers. Namun, meskipun bekreasi tanpa adanya batasan ruang dan waktu tetapi harus tetap mampu mengontrol diri agar tidak keluar dari batas norma dan etika.

Selain itu, peluang untuk menjadi Youtubers terkenal harus mempunyai kreativitas dan inovasi baru dalam penyampaian cerita melalui iklan seperti serial bersambung salah satunya. Karena jika sudah memiliki kreativitas dan inovasi yang cukup, tidak sedikit e-commerce yang mengajak anda untuk bekerja sama yang akan menghasilkan simbiosis mutualisme. E-commerce memanfaatkan Youtube karena iklan yang ditunjukkan sudah pasti tersampaikan kepada masyarakat yang menonton. 

Tag : No Tag

Berita Terkait