Loading

Kisah Seorang Wartawan Ikut Andil Dalam Perjuangan Pemekaran Kabupaten Pangandaran


Penulis: Redaksi
1 Tahun lalu, Dibaca : 423 kali


Salah seorang wartawan Medikom Agus Kucir saat berfoto bersama para tokoh pemekaran presidium dan Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa pada tanggal 25 Oktober 2012 lalu. (Photo: Dok Istimewa)

PANGANDARAN, Medikomonline.com - Mengingat sejarah para pejuang pemekaran Kabupaten Pangandaran, tepatnya pada tanggal 25 Oktober 2022 mendatang usia berusia ke-10 tahun. Banyak yang diperjuangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran terutama di bidang infrastuktur, pendidikan, kesehatan, pariwisata serta yang lainnya.

Di Hari Jadi Kabupaten Pangandaran ke-10 tahun ini banyak hal yang digelar untuk menyambut hari jadi tersebut.

Ada salah seorang wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bernama Agus Supriatman atau panggilan akrabnya Agus Kucir yang juga wartawan Koran Medikom ikut andil dalam proses menuju Pangandaran menjadi Kabupaten Pangandaran.

“Saya ikut aktif dalam menulis berita di media untuk Pangandaran. Saya menulis dari proses awal membentuk panitia kecil terus ke deklarasi presidium sampai ikut ke DPR RI di Jakarta, saat detik-detik Pangandaran menjadi Kabupaten. Pada saat itu saya bersama tokoh masyarakat Kabupaten Pangandaran bertolak ke Jakarta ke Senayan tempatnya DPR RI,” kata Agus Kucir.

Di situ dirinya menyaksikan ketua bidang pemekaran sekaligus Ketua Komisi Dua DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa membacakan, meresmikan Pangandaran menjadi kabupaten dan terlepas dari Kabupaten Ciamis serta menjadi daerah otonomi baru di Jawa Barat.

Agus Kucir menambahkan, perjuangan warga masyarakat Pangandaran untuk menjadi kabupaten tidak lah gampang seperti membalikkan telapak tangan. Hal tersebut membutuhkan proses dan waktu yang cukup melelahkan.

Salah seorang wartawan Medikom Agus Kucir saat berfoto bersama para tokoh pemekaran presidium dan Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa pada tanggal 25 Oktober 2012 lalu. (Photo: Dok Istimewa)

“Berkat perjuangan semua masyarakat, presidium Kabupaten Pangandaran serta yang lainnya, Alhamdulillah akhirnya harapan masyarakat tercapai dan Pangandaran resmi di Jawa Barat menjadi kabupaten seperti kabupaten kota yang lainnya di Indonesia,” ungkap Agus.

Selain itu, saat ini program pembangunan di bawah pimpinan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata Pangandaran terus berkembang pesat.

Menurut Agus, berdirinya atau lahirnya Pangandaran menjadi Kabupaten Pangandaran selain para tokoh pemekaran yang tergabung di presidium, yang paling utama adalah ketua bidang pemekaran, namanya kang Agun Gunandjar Sudarsa.

“Beliau pun ikut serta memberikan kontribusi yang cukup besar dan kontribusi berbagai hal lainnya demi Pangandaran menjadi kabupaten,” paparnya.

Sejak menjadi Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata menjadi bupati pertama hasil pemilu. Bupati Jeje sangat bagus dalam membangun Pangandaran.

Sementara itu sejak 25 Oktober sebagai Hari Jadi Kabupaten Pangandaran dan sampai dasawarsa atau milangkala ke-10 tahun, Pemerintah Kabupaten Pangandaran tidak ada salahnya jika memberikan sebuah penghargaan kepada seorang wartawan Agus Kucir dengan sejarah yang tidak boleh dilupakan.

Karena penghargaan tersebut sangat beralasan mengingat seorang wartawan Pangandaran, Agus salah seorang yang aktif dalam memperjuangkan hingga disahkannya Pangandaran menjadi sebuah kabupaten. 


Tag : No Tag

Berita Terkait