Loading

Makam Pejuang Kemerdekaan Mayor Selamat Ginting Dirusak OTK


Penulis: Tekwasi/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 2814 kali


Anggota LVRI Kabupaten Karo melihat keadaan makam Mayor Selamat Ginting yang dirusak orang tak dikenal di Makam Pahlawan Kabanjahe. (Foto: Medikomonline)

KABUPATEN KARO, Medikomonline.com - Makam salah satu tokoh pejuang kemerdekaan RI Mayor Selamat Ginting  di Tanah Karo dirusak orang tak dikenal (OTK). Perusakan terhadap makam para pejuang kemerdekaan di Makam Pahlawan Kabanjahe ini jarang terjadi.  

Melihat kejadian yang  janggal ini sontak  para anak pejuang di  Kabupaten Karo berang dan mengutuk keras  tindakan pelaku perusakan yang tidak tahu balas budi.

Perusakan yang dilakukan  oleh OTK ini sangat melukai hati para veteran dan Yudha Putra PPM dan FKPPI Kabupaten Karo.

Randan Ginting sebagai Ketua Veteran Kabupaten Karo didampingi Raja Meriah Sitepu mengutuk keras tindakan perusakan ini. "Kalian sebagai anak-anak kami, seluruh anak pejuang harus bersatu melindungi makam pahlawan ini dan harus selalu siap membela negara dan setia kepada NKRI. Tugas kalian untuk menyelesaikan masalah ini. Tangkap pelaku dan serahkan pada yang berwajib,” ujar Randan dengan mata berkaca-kaca, Senin (27/7 2020)  di Makam Pahlawan Kabanjahe.


Anggota LVRI Kabupaten Karo melihat keadaan makam Mayor Selamat Ginting yang dirusak orang tak dikenal di Makam Pahlawan Kabanjahe, Kabupaten Karo. (Foto: Medikomonline)

Menurut pengakuan penjaga Makam Pahlawan Kabanjahe  Martin Pelawi, beberapa hari yang lalu ada seseorang duduk di dekat makam ini. “Saya tak curiga. Namun besoknya saya sudah melihat makam Mayor Selamat Ginting sudah rusak.  Dan saya cari orang itu sampai dapat dan kami serahkan kepada polisi. Namun polisi mengatakan tidak ada dasar penahan karena pelaku termasuk orang kurang waras,” katanya.

Namun  demikian,  pengerusakan terhadap makam  pejuang ini akan terus diusut apakah ada orang lain di balik tindakan  tak terpuji ini.

Salah seorang anggota PPM Kabupaten Karo juga angkat bicara.
Ardiansyah Ginting sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Karo. “Namun sangat disayangkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karo tidak berada di tempat ujar salah seorang  pegawai dinas sosial itu,” kata Ardiansyah.

“Sebenarnya ini menjadi tanda tanya kenapa Dinas Sosial Kabupaten (Karo-red) tidak  bertindak terhadap kejadian ini. Aset negara harus dilindungi,” ujar Ardiansyah kepada media, Senin (27/7/2020) pukul 11:30 WIB di Makam Pahlawan Kabanjahe.

Ketua FKPPI  Kabupaten Karo  Alex Sukatendel juga turut mengutuk keras tindakan tak bertanggung jawab ini. “Kita sebagai putra putri pejuang akan terus mencari kebenaran tentang kejadian ini," ujar Alex. 

Tag : No Tag

Berita Terkait