Loading

LAMI Desak KPK Tetapkan Tersangka Proyek Toilet Mahal di Kabupaten Bekasi


Penulis: Dudun/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 821 kali


Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) kembali melakukan aksi demonstrasi damai terkait kegiatan pembangunan toilet Kabupaten Bekasi

JAKARTA, Medikomonline - Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) kembali melakukan aksi demonstrasi damai terkait kegiatan pembangunan toilet Kabupaten Bekasi Rp198 juta, di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (17/6/2021).

Diketahui, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi membangun 488 toilet yang dibangun di setiap sekolah pada tahun anggaran (TA) 2020 dengan anggaran Rp98 miliar.

Koordinator Aksi LAMI, Suganda mengatakan, pada aksi demonstrasi hari ini LAMI lakukan untuk mendorong atau upaya berperan serta mendukung dan membantu kinerja KPK dan penegak hukum berantas kasus-kasus hukum, termasuk segala bentuk praktek korupsi.

LAMI menyikapi beberapa kasus korupsi, salah satunya kasus dugaan adanya tindak pidana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) pada kegiatan proyek pembangunan toilet di Kabupaten Bekasi dengan anggaran fantastis, yakni Rp98 miliar pada TA 2020.

"Pada kegiatan tersebut LAMI mensinyalir adanya dugaan kejanggalan dalam pelaksanaan kegiatannya, yaitu besaran nilai untuk pembangunan toilet tersebut dengan nilai Pagu kegiatan Rp198,5 juta untuk 1 toilet, dengan jumlah pembangunan sebanyak 488 toilet se-Kabupaten Bekasi dengan total anggaran Rp98 miliar," kata Suganda kepada wartawan, Kamis (17/6/2021).

Menurut dia, saat ini KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

Oleh sebab itu, LAMI menyatakan sikap mendukung KPK untuk mengusut sampai tuntas kasus tersebut.

"LAMI mendesak KPK untuk segera menetapkan tersangka dan dapat diumumkan kepada publik," imbuhnya.

LAMI berharap KPK tetap melakukan tugasnya dengan profesional serta tidak tebang pilih dalam pemeriksaan persoalan toilet 'sultan' di Kabupaten Bekasi.

"LAMI meminta KPK untuk tidak tebang pilih dalam pengungkapan kasus toilet Kabupaten Bekasi. Usut hingga tuntas," tandasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait