Loading

APA YANG BISA AKU BERIKAN KETIKA NEGARA DALAM BENCANA


Juli Wahyu Pari Dunda
4 Tahun lalu, Dibaca : 933 kali


Oleh:

Juli Wahyu Pari Dunda

(Koordinator MKPS SMA Jawa Barat/Komunitas Cinta Indonesia-KACI # PASTI BISA #)

 

Sudah lebih dari 2 pekan covid-19 membuat perekonomian Indonesia terganggu. Investasi tertahan dan iklim usaha terhenti dikarenakan masyarakat dilarang ke luar rumah untuk berusaha. Karyawan dan pegawai pemerintah dirumahkan. Ironis memang semua di luar prediksi walau pemerintah sudah berjaga jaga terhadap, wabah covid-19 akan berakibat pada ekonomi.

Berbagai kebijakan ekonomi dikeluarkan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat agar dapat bertahan menghadapi wabah covid-19. Bukan di Indonesia saja, covid -19 telah melanda dunia negara adi daya Amerika pun kalang kabut menghadapi covid-19. Ribuan jiwa yang telah meninggal sehingga sarana rumah sakit tidak dapat menampung warga yang terkena covid-19.

Di Eropa Negara Inggris, Jerman dan yang parah adalah negara Italia, jumlah korban meninggal sangat banyak. Negara di Asia di antaranya Jepang, Korea Selatan, Malaysia pun semua dibuat kalang kabut oleh covid -19. Akibatnya ekonomi dunia terganggu karena semua negara terfokus pada pencegahan covid-19.

Dalam kondisi darurat covid-19, partisipasi masyarakat sangatlah diperlukan. Untuk secara bersama-sama melawan covid-19. Jangan lagi berpikir parsial atau mencari keuntungan untuk kepentingan sendiri atau kelompok. Dan bukan saatnya saling menyalahkan.  Mari bangun rasa kepedulian dengan bahu-membahu membantu, menolong masyarakat yang secara sosial ekonomi terpuruk.

Mari kita awasi bersama berbagai bantuan kepada masyarakat tidak mampu, dan pastikan  sampai pada yang berhak.

Mari sisihkan bantuan tenaga dan materi sesuai kemampuan, jangan merasa terpaksa salurkan bantuan pada posko resmi pemerintah jangan sembarangan. Bantuan materi sekecil apapun sangat diperlukan untuk membeli alat-alat medis yang diperlukan oleh rumah sakit, dan masyarakat yang tidak mampu.

NASIB  KITA ditentukan oleh sejauh mana kepedulian dan kebersamaan bersatu melawan wabah covid-19.

APA YANG BISA KAU BERIKAN PADA NEGARA SAAT NEGARA DALAM BENCANA MEMERLUKAN BANTUAN UNTUK MENCEGAH  DARI COVID - 19 DAN KETERPURUKAN?

Pemerintah menyediakan anggaran triliunan untuk membantu mencegah covid -19 dan masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi. Semoga upaya ini akan memberikan kebaikan untuk bangsa yang kita cintai. # INDONESIA NEGERIKU # PASTI BISA#

Tag : No Tag

Berita Terkait