Loading

Dinas Pertanian Karo Panen Kentang Granola L 2,4 Kg Per Batang


Penulis: Tekwasi Sinuhaji/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1862 kali


Kadis Pertanian Karo Metehsa Purba (baju batik) memperlihatkan hasil panen buah umbi kentang jenis Granola L kepada media di Taman Opal, Kabanjahe. (Foto: Istimewa)

KARO, Medikomonline.comDinas Pertanian Kabupaten Karo memanen kentang Granola L di lokasi Taman Obor Pangan Lestari (Opal), Kamis (14/1/202). Taman Opal ini berada di belakang kantor Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Kabanjahe.

Kru Medikom yang meliput panen kentang, Kamis (14/1/202) pukul 14.00 WIB  diterima langsung oleh Kadis Pertanian  Karo Metehsa Purba di Taman Opal.

Metehsa Purba memperlihatkan hasil panen tanaman kentang yang ditanam oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karo. "Wah ini hasilnya bisa kiloan pak, mari kita coba korek. Jenis ini namanya Granola L stek mini,” kata Metehsa.

Dalam proses pengorekan ini terlihat buah kentang begitu mulus dan warnanya kuning dan terlihat bersih.

“Jumlah buah per batang bisa mencapai 15 buah dengan ukuran bervariasi. Ketika ditimbang beratnya sampai 2,4 kilogram. Namun demikian, kita ambil ratanya saja 1 kilogram,” ujar Metehsa pada media.

Kadis Pertanian Karo Metehsa Purba (baju batik)  memperlihatkan hasil panen buah umbi kentang  jenis Granola L kepada media di Taman Opal, Kabanjahe. (Foto: Istimewa)

Ketika wartawan bertanya peredaran benih kentang Granola L di petani, Metehsa menjelaskan, benih kentang Granola L  sudah banyak beredar di petani.

“Oooo, sudah pak. Ini sudah banyak beredar. Rumah plastiknya saja sudah enam unit di Desa Bukit, dikelola oleh Yunus sebagai penyuluh swadaya,” ujarnya.

Dinas Pertanian Karo berharap  cara budidaya yang baik dan benar. “Kalau masalah  merek atau jenis tergantung mana lebih suka. Kalau untuk jenis kentang yang tahan terhadap cuaca lembab atau tahan terhadap penyakit phytophthora, itu kentang Granola kembang, cuma umurnya sampai  4 bulan. Itu tergantung minat petani kita lah,”  ujarnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait