Loading

Diduga Terkait Pengadaan CCTV. KPK OTT Wali Kota Bandung Yana Mulyana


net/ editor : Edie ns
1 Tahun lalu, Dibaca : 342 kali


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Jumat (14/4). (Humas Pemkot Bandung) net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, OTT dilakukan pada Jumat (14/4/2023). “KPK, pada Jumat (14/4/2023) telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa orang yang sedang melakukan tindak pidana korupsi,” kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/4/2023).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menjaring Wali Kota Bandung Yana Mulyana terkait dugaan suap program Bandung Smart City.
"Betul terkait program Bandung Smart City," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Sabtu (15/4).

Ali mengatakan Yana diduga menerima suap atas pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet di program tersebut. Selain Yana, KPK juga menangkap delapan orang lainnya yang diketahui beberapa di antaranya merupakan pejabat Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Uang yang diamankan, lanjut Ali, dalam bentuk pecahan rupiah. Selain itu Yana diduga menerima suap dengan jumlah miliaran rupiah. Namun temuan bukti awal saat OTT masih berjumlah ratusan juta rupiah, sehingga ada kemungkinan terus bertambah.

Ali melanjutkan saat ini para pihak yang sudah ditangkap menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK. 
"Jadi masih akan dikonfirmasi lebih dahulu kepada para pihak terperiksa," ujar Ali.
Kegiatan OTT KPK berlangsung dari Jumat (14/4) siang hingga malam. 

Di Pilkada Bandung 2018, Yana yang berasal dari Partai Gerindra maju sebagai wakil walikota berpasangan dengan Oded Muhammad Danial yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Namun Oded meninggal dunia pada 10 Desember 2021 karena serangan jantung, sehingga posisinya sebagai Walikota digantikan oleh Yana.Yana seharusnya menjabat hingga akhir 2023 ini.

Tag : No Tag

Berita Terkait