Loading

Atasi Krisis Air Bersih, Karang Taruna Desa Cigelam Bantu Warga Perumahan Gandasari


Penulis: Dadang Nasir/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1150 kali


Ketua Karang Taruna Mekar Jaya Desa Cigelam Anggi Saputra

PURWAKARTA, Medikomonline.com - Karang Taruna Mekar Jaya Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta membantu warga Perumahan Gandasari untuk mengatasi krisis air bersih. Ketua Karang Taruna Mekar Jaya Desa Cigelam Anggi Saputra  mengatakan, kedalaman sumur bor 18 meter.

Anggi menjelaskan, air sumur bor ditampung di tong dengan ketinggian kurang lebih 10 meter, rangka penyangga tong terbuat dari besi baja. Ratusan kubik air sumur bor air mengalir di bak besar PDAM, kemudian disalurkan kepada  500 kepala keluarga di Perumahan Gandasari.

Pasalnya, kata Anggi, distribusi air dari PDAM  yang selama ini melayani kebutuhan air bersih bagi warga Perumahan Gandasari dan SMP Negeri 3 Babakancikao. Lima bulan sebelumnya terhenti, akibat pasokan debit air dari PDAM kecil, apalagi kalau musim kemarau nyaris kekeringan.

Menurut Anggi, banyak warga yang mengusulkan sumber air dari PDAM kecil, bahkan  tidak ada air sama sekali, dan sebagian saluran pipa tidak berfungsi. Sehingga, kebutuhan untuk pembangunan sarana air bersih tergolong sangat mendesak.

“Alhamdulilah air bisa dimanfaatkan oleh warga untuk mandi, cuci dan kakus. Juga siswa SMP Negeri 3 Babakancikao ceria, bisa mandi, wudhu. Warga tidak pungut iuran, namun untuk biaya listrik dan perawatan sudah tanggung oleh pihak perum. Begitu juga sekolah hanya sekedar untuk pengganti torn dan pipa saja yang sumber anggarannya dari biaya oprasional sekolah (BOS),” ucap Anggi Saputra.

Ditemui Ketua RW 07 Desa Cigelam Wagino  kepada Medikomonline menuturkan, "Kami atas nama warga Perum Gandasari mengucapkan banyak terima kasih pada Karang Taruna Mekar Jaya yang peduli sosial dan membantu kami sehingga warga bisa mendapatkan air bersih di mana sebelumnya krisis air. Mandi saja sampai antri, tapi kini alhamdulilah bisa mendapatkan air sampai sekarang tak henti-henti air mengalir terus.”

Wagino berpesan pada Pemkab Purwakarta untuk memperhatikan Karang Taruna Mekar Jaya Desa Cigelam. 

Tag : No Tag

Berita Terkait