Loading

Kerusakan Aspal Hotmix Proyek Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet Disebakan Kendaraan ODOL


Penulis: IthinK
5 Bulan lalu, Dibaca : 210 kali


Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat menjelaskan kerusakan aspal hotmix Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet disebabkan kendaraan ODOL. (Foto: Medikom)

Bandung, Medikomonline.com - Kerusakan aspal hotmix Proyek Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet disebabkan oleh kendaraan ODOL (Over Dimensi Over Loading) atau kendaraan muatan berlebih.

Proyek Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet ini berada di bawah pengelolaan UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan I, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.

Proyek Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet ini dikerjakan oleh penyedia jasa PT. Banyuaji Sejahtera Abadi dengan nilai kontrak Rp.32.099.419.000,00.


Perbaikan pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet oleh penyedia jasa . (Foto: Istimewa)

“Kerusakan pada aspal hotmix disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk lokasi Cileungsi – Cibeet ini salah satu faktor utama kerusakan yaitu kendaraan dengan muatan berlebih (ODOL). Jika jalan menerima beban lalu lintas yang melebihi kapasitas desainnya, maka akan menyebabkan deformasi plastis pada aspal dan memicu retak,” kata Ayi Gunari Arifin, S.T., M.T. selaku Pejabat Pembuat Komitemen (PPK) Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet kepada Medikom, Selasa (21/11/2023).

Ayi menjelaskan, aspal hotmix tidak mengalami kerusakan yang berat sebelum dilakukan serah terima awal pekerjaan (PHO). “Kami telah melakukan perbaikan pada kerusakan di lapangan,” ungkap Ayi.

Perbaikan pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet oleh penyedia jasa. (Foto: Istimewa)

Terkait kendaraan ODOL ini, jelas Ayi, pihaknya telah menyurati Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor. “Kita telah bersurat kepada pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor perihal permohonan pembatasan kendaraan muatan berat pada ruas Jalan Cileungsi – Cibeet Kabupaten Bogor. Namun dari pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor belum ada respons,” ungkapnya.

Dijelaskan Ayi, pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Cileungsi – Cibeet telah selesai 100% dan serah terima awal pekerjaan (PHO) telah dilakukan pada tanggal 22 Agustus 2023 lalu.  (IthinK)

Tag : No Tag

Berita Terkait