Loading

17 Aseptor KB se Kecamatan Bojongmangu Dirapid Test


Penulis: Manah Sudarsih/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 964 kali


Salah seorang Aseptor KB yang sedang diperiksa kesehatannya, didampingi Kepala Puskesmas Karangmulya-Bojongmangu, serta perwakilan PLKB Kabupaten Bekasi. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Sebanyak 17 orang Aseptor Keluarga Berencana (KB) se Kecamatan Bojongmangu yang akan memasang KB Inplan dilakukan Rapid Tes dahulu. Kegiatan pemasangan KB Inplan tersebut dilaksanakan di Posyandu Harapan Jaya 3 Desa Bojongmangu, Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi, Kamis (24/9/2020).

PLT. UPTD KB Cibarusah-Bojongmangu Saeful mengatakan, kegiatan pemasangan Inplan bagi 17 Aseptor ini bagian dari Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera. Sebetulnya ada beberapa pilihan bagi masyarakat untuk menentukan sendiri untuk menjadi aseptor KB, seperti dengan UUD, suntik, pil, inplan dan sterilisasi. Untuk pemasangan inplan jangka waktunya tiga tahun, ada dengan sterilisasi yakni Medis Operasi Pria (MOP) dan Medis Operasi Wanita (MOW).

"Alhamdulillah 17 Aseptor KB yang hadir hanya satu orang yang diperiksa kesehatannya, ternyata tekanan darahnya tinggi sehingga diganti dengan Aseptor KB yang lainnya," papar Saeful kepada Medikomonline.com, Kamis (24/9/2020).

Kepala Puskesmas Karangmulya-Bojongmangu H Dadan Mulyana menegaskan, agar aman dalam pelaksanaan pemasangan inplan pihak puskesmas dan instruksi Dinas Kesehatan, ke 17 Aseptor KB Inplan harus diperiksa kesehatannya sekaligus dirapid tes. Sebetulnya dengan ber KB masyarakat dapat memprogramkan kelahirannya. 

"Saya apresiasi terhadap ke 17 Aseptor KB Inplan yang rela mengikuti pemeriksaan kesehatan termasuk dirapid tes,” tuturnya.

Sekretaris Desa Bojongmangu Pandi Achmadi menuturkan, dengan adanya kegiatan KB Inplan di Desa Bojongmangu, tentunya diharapkan kelahirannya menjadi teratur atau berjarak. Sehingga warga masyarakat Bojongmangu menjadi lebih baik, sehat dan sejahtera.

"Kita pihak pemdes akan dukung terus program KB," tutupnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait