Loading

Dorong UMKM dan Bumdes, Pemda Siapkan Kerja Sama dengan PT BGR dan Pertani


Penulis: Nanang/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 872 kali


Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir,Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Asisten Pembangunan Hilman Taufiq W S, Kepala Bappppeda Tuti Ruswati, Kepala DPMD Endah Kusyaman, Kepala Dins

SUMEDANG, Medikomonline Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima kunjungan Direktur Utama PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR Logistics) M. Kuncoro Wibowo dan Direktur Utama PT. Pertani (Persero) Maryono beserta jajaran di Gedung Negara, Selasa (20/4/2021).

Pertemuan tersebut membahas rencana kerja sama antara dalam rangka mendorong kemajuan Bumdes dan UMKM di Kabupaten Sumedang.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Asisten  Pembangunan Hilman Taufiq W S, Kepala Bappppeda Tuti Ruswati, Kepala DPMD Endah Kusyaman, Kepala Dinsos P3A Agus Muslim, unsur Diskop UKMPP dan Direktur PT Kampung Makmur Hendri Heryanto

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, rencana kerja sama Pemkab Sumedang dengan PT. BGR dan Pertani bertujuan untuk membantu Bumdes dan UMKM di Sumedang dalam penyediaan bahan pangan dan pemasarannya.

PT BGR dan Pertani ini, kata bupati, tidak hanya mensuplai kebutuhan pokok berkualitas dan harga yang kompetitif dengan minimarket tetapi juga siap membeli produk lokal untuk menggerakkan ekonomi desa.

“Bahan pangan dan hasil bumi Sumedang akan diserap oleh Pertani maupun PT. BGR. Tak hanya itu, Bumdes juga akan mendapat bahan-bahan yang murah sehingga masyarakat mendapatkan harga terbaik dan berkualitas,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, Sumedang harus bersyukur karena kerja sama tersebut akan membantu berkembangnya Bumdes di Sumedang.

Menurutnya, apabila Bumdes di Sumedang maju,  akan berdampak pada pengentasan kemiskinan di tiap desa.

”PT. BGR dan Pertani akan membantu dengan memberikan perhatian khusus bagi berkembangnya dan majunya Bumdes di Kabupaten Sumedang. Ini penawaran luar biasa bagi Sumedang. Tentunya amanah ini akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Dirut PT. Pertani (Persero) Maryono mengatakan, kehadiran BUMN Pertani tidak hanya sekedar berdagang, tetapi harus ikut hadir untuk mengembangkan pertanian di Sumedang agar semakin maju, berguna dan memberikan sumbangsihnya bagi negara.

"Kami akan hadir di sini untuk membantu, berkerja sama dan bermitra dengan Petani dan Bumdes-Bumdes yang ada di  Sumedang diantaranya menyerap gabah dan harganya di atas harga pokok petani," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT.  BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo menuturkan, sebagai bagian dari klaster pangan, pihaknya merasa berkewajiban membantu Bumdes, petani, peternak dan nelayan dengan mengantarkan produk-produknya ke warung/UMKM. 

Dalam waktu dekat, kata Kuncoro, pihaknya juga telah sepakat dengan Pemda Sumedang untuk menjadikan Sumedang sebagai pilot project atau percontohan dalam pengembangan Bumdes dan UMKM.

"Pertama kita sepakati dengan Pemda. Bumdesnya kita pegang dulu. Dalam hal ini lima Bumdes dijadikan pilot project. Setelah itu, kita akan beralih ke level UMKM. Sambutan dari bupati cukup baik. Harapan kami hal ini bisa segera terlaksana," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait