Loading

Musdes RPJMDes dan RKPDes Desa Karang Indah usulkan 639 Kegiatan


Manah/Agus
2 Bulan lalu, Dibaca : 114 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : rangkaian kegiatan Musdes di Desa Karang Indah, pada Kamis (15/8/2024).

BOJONGMANGU, Medikomonline.com - Musyawarah Desa (Musdes) yang diadakan Desa Karang Indah Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun anggaran 2025 dan 2026. Musdes ini untuk menindaklanjuti dari hasil Musdus Perpanjangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2018-2024 menjadi tahun 2018-2026. Dan hasil Musdus kemarin terjaring aspirasi warga dan telah disusun sebanyak 639 kegiatan. Musdes tersebut dilaksanakan di aula Desa Karang Indah, pada Kamis (15/8/2024).

Kepala Desa Karang Indah Mistar mengatakan, bahwa Musdes hari ini adalah kelanjutan Musdus kemarin di tiga dusun, dengan menampung aspirasi-aspirasi warga tentang pembangunan yang akan dilaksanakan kedepan. Sebelumnya pernah didalam RPJMDes 2018-2024 kegiatan-kegiatan itu telah disusun. 

Dan kita bersyukur kepala desa ada perpanjangan dua tahun, jadi ada revisi untuk RPJMDes dua tahun kedepan.

"Saya ingatkan bahwa usulan kegiatan dalam RPJMDes, jangan hanya terkait tentang pembangunan infrastruktur jalan saja, tapi terkait juga kegiatan kegiatan di desa kita yakni tentang peningkatan kualitas hidup didesa kita, seperti tentang pembinaan, pemberdayaan, pertanian dan juga tentang masalah air, dan pertanian, agar ada solusi kedepannya," ucap Mistar kepada Medikomonline.com, Kamis (15/8/2024).

Memang ada anggaran untuk ketahanan pangan kata Mistar lagi, tetapi yang lain juga masukan saja. Agar seluruh rencana pembangunan, didesa kita pembangunannya bisa berkelanjutan. Adapun usulan yang diajukan ada yang terkaper dan ada juga yang tidak terkaper di APBDes. 

Tetapi hal itu tidak dipermasalahkan, Karena memang ada beberapa sumber anggaran, yang nantinya usulan yang tidak terkaper akan diajukan kepada pemerintah daerah kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat. Yang penting usulan itu kita ajukan saja sebanyak-banyaknya.

"Musdes hari ini bersamaan dengan hari jadi kabupaten bekasi ke-74, mudah-mudahan tumbuhnya semangat bagi perangkat desa, RT dan RW karang indah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap warganya, dan apa yang kita kerjakan hari ini menjadi nilai ibadah bagi kita, agar pembangunan di desa karang indah terus berkesinambungan dan berkelanjutan," tandasnya.

Sementara itu Ketua BPD Desa Karang Indah M Atem, kegiatan Musdes RPJMDes dan RKPDes ini karena ada perubahan Undang-undang nomor 3 Tahun 2024, tentang perpanjangan masa jabatan dua tahun Kepala Desa.

Musdes RPJMDes dan RKPDes adalah salah satu musyawarah untuk menyusun usulan yang telah diajukan di Musdus kemarin. Dan dalam Musdus telah disusun usulan dari Kadus 1 sebanyak 215 usulan, Kadus 2 215 dan Kadus 3 sebanyak 209 usulan totalnya 639 usulan.

"Adapun usulan yang telah di masukan ke RPJMDes ini adalah hasil aspirasi dari warga karang indah di Musdus," jelas Atem. 

Ditempat yang sama Pendamping Lokal Desa Kecamatan Bojongmangu Nandang AT menegaskan, dirinya apresiasi kepada BPD bersama pemdes yang telah menyelenggarakan Musdes. Kegiatan Musdes ini adalah lanjutan Musdus kemarin.

Informasi penting bahwa RPJMDes ini adalah hasil aspirasi warga di tiga dusun yang telah ditampung.

"Saya hanya mengingatkan untuk usulan, baik Jalan Lingkungan (Jaling) dan Jalan Setapak (Japak), harus by name by address, agar usulan tersebut bisa dimasukkan di aplikasi," 

Untuk penamaan jalan, ujar Nandang, itu harus sesuai dengan syaratnya, yakni hasil dari musyawarah, sehingga tidak jadi sengketa dikemudian hari.

Ada program Stunting sebagai program nasional, karena negara telah memfasilitasi dan menganggarkannya.

Lanjut dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun ini masih ada, dan tolong jika penerima BLT ada yang meninggal, RT dan RW segera komunikasikan dengan pemdes, agar segera ada pergantian.

"Bagi Pemdes kehadiran RT dan RW penting, sebab RT dan RW sebagai tolok ukur keberhasilan pembangunan didesa," tutupnya. (Manah/Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait