Loading

Pemdes Sirnajati Inginkan Usulan di Musrenbangdes Bisa Tealisasi 50 Persen Tahun 2023


Penulis: Manah Sudarsih/Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 617 kali


Musrenbangdes di Desa Sirnajati Kecamatan Cibarusah dilaksanakan di aula desa, pada Selasa (11/1/2022). (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

CIBARUSAH, Medikomonline.com - Pemerintah Desa Sirnajati Kecamatan Cibarusah menginginkan usulan yang diajukan di Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun anggaran 2023, dapat direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi sebanyak 50 persen. Kegiatan Musrenbangdes Sirnajati tersebut digelar di aula desa, pada Selasa (11/1/2022).

Sekretaris Desa Sirnajati Iding mengatakan, yang diusulkan oleh masyarakat melalui RT dan RW kemudian disusun untuk diajukan di Musrenbangdes tahun anggaran 2023 sebanyak 50 kegiatan. Dan yang diprioritaskan sebanyak 20 kegiatan, selain infrastruktur jalan juga diusulkan sarana dan prasarana sekolah, termasuk rutilahu.

"Saya berharap, pendemi covid-19 tidak ada lagi, sehingga usulan di Musrenbangdes khususnya untuk Desa Sirnajati dapat terealisasi 50 persen kegiatan pembangunannya di tahun 2023," paparnya.

Tambah dia, perlu diketahui juga oleh masyarakat bahwa Desa Sirnajati mendapatkan kegiatan pembangunan untuk tahun 2022 sebanyak empat titik kegiatan.

"Nah, selain empat titik kegiatan pembangunan tahun 2022 kita kawal, yang diusulkan di Musrenbangdes pun kita kawal juga," terangnya.

Lebih jauh Iding mengungkapkan, untuk yang di anggarkan dari APBDes Tahun 2022 ini, pemdes Sirnajati telah mengikuti regulasinya. Dengan rincian 40 persen BLT, 20 persen ketahanan pangan dan 8 persen untuk PPKM, sisanya 32 persen untuk Stunting, pemberdayaan dan pemulihan ekonomi. Berarti untuk pemberdayaan nantinya kita akan masukan ke program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). 

"Insya Alloh untuk pemulihan ekonomi saya akan hidupkan kembali Bumdes, bidang usaha dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk SDM yakni program kursus komputer yang diutamakan untuk anak usia sekolah," pungkasnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait