Loading

Tingkatkan Peran dan Fungsi BPD dalam Pembangunan Desa di Era Digital, F-BPD Ciksel Adakan Bimtek


Penulis : Agus/Manah
1 Tahun lalu, Dibaca : 396 kali


Ketua F-BPD Kecamatan Cikarang Selatan H Bakar Karta Dinata memberikan arahan kepada peserta Bimtek anggota BPD se Kecamatan Ciksel Kabupaten Bekasi.

CIANJUR, Medikomonline.com - Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Kecamatan Cikarang Selatan bekerjasama dengan PT Buana Wisata sebagai Event Organizer (EO) atau Pelaksana kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota BPD se Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan tiga hari dari tanggal 28 sampai 30 September 2022,  di Lembah Permai Resort Cipanas, Cianjur. Dengan menghadirkan Narasumber dari Akademisi, DPMD, Inspektorat, dan Kementerian.

Ketua F-BPD Kecamatan Cikarang Selatan H Bakar Karta Dinata mengatakan, di tahun 2022 ini pelaksana kegiatan Bimtek anggota BPD Kecamatan Cikarang Selatan adalah PT Buana Wisata sebagai EO nya. Kegiatan tersebut diikuti 70 anggota dan staf BPD dari 7 desa di cikarang selatan. Bimtek ini agar adanya "Peningkatan Peran dan Fungsi BPD dalam Pembangunan Desa di era digital".

"Maka setiap anggota BPD harus terus meng update regulasi, melalui perkembangan teknologi yakni digitalisasi, termasuk aktif membangun komunikasi baik antar BPD, Pemdes, lembaga dan dengan warga, serta instansi lainnya," tegasnya kepada awak media, pada Rabu (28/9/2022).

Tambahnya, bahwa saat ini BPD dalam menjalankan tugas dan fungsi sudah seharusnya bisa mengikuti dan mengaplikasikan teknologi yang semakin berkembang cepat. BPD tidak boleh gaptek (gagal teknologi) karena pemanfaatan teknologi dalam bekerja bagi BPD sangat membantu dan mempermudah dalam mengakses informasi serta komunikasi.

"Ingat setelah Bimtek, jangan sampai menurun semangatnya, BPD Ok, BPD Kompak, BPD Berwibawa," tandasnya.

Camat Cikarang Selatan Drs. Agus Dahlan, MM, yang sekaligus membuka langsung acara Bimtek dan dalam arahannya menegaskan, agar BPD sebagai mitra pemdes dan kepala desa bisa terus berperan aktif memberikan kontribusi bagi pembangunan desa, dari mulai penjaringan aspirasi dari masyarakat, penyusunan program kerja, pelaksanaan kegiatan di desa, hingga pengawasan.

"Dengan lebih memanfaatkan teknologi kekinian yakni digitalisasi, tentunya agar BPD semakin meningkat pengetahuannya terutama tentang regulasi," imbuhnya,

Perlu diketahui dalam acara Bimtek anggota BPD se Kecamatan Cikarang Selatan, Hadir Muspika, Pendamping Kecamatan dan Desa serta Narasumber. Dan kegiatan tersebut ditutup oleh Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi H Karno, S.Pd.

Tag : No Tag

Berita Terkait