Loading

Bupati Ciamis Sampaikan RKU PPAS 2024 : Penguatan Ekonomi Kemandirian


Penulis: Herz_Cms
8 Bulan lalu, Dibaca : 250 kali


Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, MM menyampaikan Rancangan KUA - PPAS 2024.

CIAMIS, Medikomonline.com - Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, MM Selasa siang (01/8/2023) menyampaikan pandangan konsep Rancangan Kebijakan Umum (RKU) APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2024 mendatang di ruang rapat gedung DPRD Ciamis pada acara Rapat Paripurna bersama seluruh anggota DPRD Ciamis.

Hal ini sesuai dengan Visi Ciamis sebagaimana yang menjadi visinya saat mencalonkan diri menjadi Bupati, yakni "Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua" dan penguatan potensi unggulan daerah untuk diwujudkan.

"Capaian indikator makro di Kabupaten Ciamis menunjukkan hasil yang semakin baik, namun demikian kita masih dihadapkan pada target indikator yang harus dicapai pada tahun 2024 sebagai tahun akhir pelaksanaan RPJMD 2019-2024," ucap Bupati.

Oleh karenanya, Bupati menuturkan berbagai upaya terus dilakukan pemerintah daerah untuk mendorong peningkatan IPM, laju perekonomian daerah, pengendalian inflasi, penanggulangan kemiskinan, pengurangan tingkat pengangguran terbuka, penurunan angka stunting dan upaya lainnya.

"Mengingat keterbatasan anggaran maka diperlukan adanya skala prioritas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga target indikator makro dapat tercapai secara performance, likuiditas dan stabilitas pengelolaan keuangan daerah dapat terjaga," Jelasnya.

Foto : Bupati Ciamis Menyampaikan Draf RKU APBD dan PPAS 2024 ke Pimpinan DPRD Ciamis.

Lebih lanjut Ia menuturkan Pemkab Ciamis berkomitmen untuk konsisten dalam pengelolaan fiskal daerah secara sehat dan prudent. salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjaga APBD tidak defisit melalui penguatan Efisiensi dan efektivitas belanja.

Salah satunya dengan mendorong efisiensi kebutuhan dasar, fokus pada prioritas pembangunan dan berontasi pada hasil sehingga dapat menstimulasi perekonomian dan mendorong perbaikan kesejahteraan masyarakat ke kondisi yang lebih baik.

"Dengan memperhatikan kondisi ini, maka dalam proses pembahasan nanti diperlukan adanya komitmen pemikiran serta kecermatan dalam menentukan prioritas belanja sebagai salah satu upaya menyesuaikan antara rencana belanja dengan proyeksi pendapatan yang akan diterima," Ungkap Bupati.

Bupati Ciamis ini pun menyadari bahwa rancangan KUA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2004 yang disampaikan masih melakukan saran masukan dan perbaikan.

"Kami berharap rancangan tersebut dapat disempurnakan dalam pembahasan bersama antara tim anggaran pemerintah daerah dengan badan anggaran DPRD, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang terbaik," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait