Loading

Jenderal Kelahiran Sumedang Berkumpul di Gedung Negara


Penulis: Nanang
3 Bulan lalu, Dibaca : 124 kali


Jenderal TNI kelahiran Sumedang yang bertugas di berbagai wilayah di Indonesia hadir di Gedung Negara untuk silaturahmi.

SUMEDANG, Medikomonline.com- Sejumlah Jenderal TNI kelahiran Sumedang yang bertugas di berbagai wilayah di Indonesia hadir di Gedung Negara untuk silaturahmi dan konsolidasi Diaspora Sumedang dengan Pemda Sumedang, Minggu (14/1/2024). 

Para perwira tinggi kelahiran Sumedang yang membanggakan ini berkumpul bersama dengan jajaran Pemerintahan Kabupaten Sumedang. 

“Kehadiran Diaspora Sumedang menjadi hal yang luar biasa bagi Pemkab Sumedang. Menjadi referensi bagi pemerintah daerah. Kami akan tuangkan dalam satu dokumen piagam Diaspora Sumedang. Mudah-mudahan piagam Diaspora Sumedang ini menjadi komitmen bersama untuk melaksanakan serta mewujudkan Kabupaten Sumedang menjadi kabupaten yang sejahtera dibangun dengan inovasi dan kolaborasi bersama," kata Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat menyambut para diaspora di Gedung Negera.

Pj Bupati Herman mengungkapkan, tantangan yang dihadapi Kabupaten Sumedang sangat besar.  

"Mulai dari semakin mudahnya aksesibilitas dan konektivitas wilayah sampai dengan pembangunan wilayah dalam skala regional dan nasional, sehingga akan sangat berdampak pada upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumedang," ungkapnya. 

Kemudian filosifi Insun Medal Insun Madangan sampai saat ini telah menjadikan motivasi oleh segenap komponen masyarakat Kabupaten Sumedang termasuk para Diaspora Sumedang. "Filosifi ini telah menjadikan motivasi bagi kami untuk terus memberikan manfaat dalam berbagai bidang pada lingkungan sekitarnya dimana pun berada," tuturnya. 

Menurut Herman, saat ini telah memasuki society 5.0, pemerintah berperan sebagai fasilitator dan masyarakat sebagai  kolabolator. "Pemerintah harus hadir sebagai bagian dari solusi dalam menghadapi berbagai isu strategis yang dihadapi," ujarnya. 

Selain itu kualitas sektor pendidikan harus tetap menjadi prioritas di Kabupaten Sumedang sebagai investasi jangka panjang sehingga tingkat pendidikan di Kabupaten Sumedang terus meningkat. "Pemda merupakan perwujudan dari masyarakat sehingga seluruh aparatur pemerintah daerah harus berorientasi pelayanan kepada masyarakat. Kualitas pelayanan kepada masyarakat harus lebih ditingkatkan mulai dari layanan ekonomi, infrastruktur, pendidikan dan sektor lainnya yang menjadi pengungkit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab masing-masing pemangku kepentingan," terangnya. 

Sementara itu, penggagas Diaspora Sumedang Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, untuk mencapai cita-cita mulai yang dimiliki Kabupaten Sumedang, maka Diaspora Sumedang siap berkolaborasi dengan Pemda Sumedang. "Kami akan mencurahkan segenap potensi yang dimiliki untuk mendorong kemajuan Kabupaten Sumedang dan mendukung terciptanya pemerintahan kelas dunia dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumedang," ujar Brigjen TNI Tatang Subarna yang juga Kasdam Jaya ini.

Ia mengajak untuk menciptakan kolaborasi dengan berbagai pihak sehingga target progresif indikator makro pembangunan Kabupaten Sumedang dapat tercapai. "Yaitu angka kemiskinan dan pengangguran turun signifikan serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat, laju pertumbuhan ekonomi meningkat dan PDRB meningkat signifikan," imbuhnya. 

Dirinya juga mengungkapkan agar menanamkan nilai-nilai dan karakter yang harus dilakukan sejak dini, agar anak-anak Sumedang menjadi generasi yang tangguh, patuh, disiplin, kreatif dan kolaboratif.  

"Dalam melaksanakan pembangunan harus disusun berdasarkan fokus, menjaga keseimbangan sehingga terwujud pembangunan yang berdampak dan dirasakan masyarakat," katanya. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait