Loading

Pelantikan Pejabat Tinggi di Ciamis, Tidak Ada Jual Beli Jabatan


Penulis: Herz_Cms.
1 Tahun lalu, Dibaca : 560 kali


Bupati Ciamis Melantik & Menyumpah Jabatan Tinggi di Lingkup Ciamis, Senin (10/4/2023).

 


"Jika Ada ASN di Ciamis Ingin Jadi Pejabat Tinggi Terbukti Pakai Uang (Suap) Akan Diganti 5x Lipat"

 

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com – Enam pejabat tinggi pratama di lingkup Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat dilantik dan diambil sumpah jabatan langsung oleh Bupati Ciamis di Aula Sekretariat Daerah Ciamis, Senin pagi (10/4/2023). 

Hadir dalam pelantikan Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Dandim, Kejaksaan dan para OPD se-Kabupaten Ciamis.

Dalam pelantikan Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya tampak marah ketika dua minggu yang lalu dirinya menerima kabar yang bersumber dari medsos adanya dugaan jual beli jabatan untuk bisa menjadi pejabat tinggi di lingkup Kabupaten Ciamis.

"Jika hal ini benar dan terbukti ada sogok menyogok atau memberikan uang ke siapapun apalagi kepada nya, Dia berjanji akan mengembalikan uang tersebut 5x lipatnya. Bagi saya ini sangat-sangat memalukan dan dipandang sangat konyol. Kenapa, karena bapak ibu sekalian menjadi ASN ini sudah puluhan tahun dan juga kenal saya," tegasnya.

Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Dandim (diwakili), Kejaksaan dan Ketua OPD Ciamis Turut Hadir Pelantikan.

Herdiat mengungkapkan, kita pernah lama sama-sama menjadi ASN di Ciamis. Kita sama-sama berjuang dalam memajukan Ciamis dan juga kita kenal dekat, kenapa harus pakai hal demikian.

"Kalian semua tentu kenal dekat dengan saya," terang Herdiat Sunarya.

Sesaat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pun tegang. Mengingat Bupati sangat terlihat marah adanya kabar hal yang tidak bertanggung jawab itu.

Akan tetapi marahnya itu semata demi kebaikan Ciamis ke depan, baginya tidak pernah ada yang jadi pejabat di Ciamis pakai uang atau istilah kata suap menyuap.

“Kalau pun toh ada mungkin ini diisu yang dilontarkan oleh orang yang gagal ikut seleksi atau juga bisa dari luar lingkup Kabupaten CiamisCiamis," ucapnya.

Kemudian Bupati mengatakan pengukuhan kali ini sesuai dengan seleksi terbuka yang dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari unsur pemerintahan, akademisi, asesor independen serta pejabat di lingkungan Pemkab Ciamis.

"Hari ini kita melantik enam pejabat pimpinan tinggi, namun satu untuk jabatan Kadis kependudukan dan Capil masih menunggu rekomendasi Kemendagri, sehingga yang seharusnya 7 saat ini hanya 6 orang yang dilantik," paparnya.

6 Pejabat Tinggi Ciamis Hasil Seleksi Open Bising Bersama Para Istrinya Mengabadikan Dokumen.

Adapun ke-6 pejabat tinggi pratama yang dilantik tersebut adalah pertama Dase Fadlil Yusdy Mubarak, S.H untuk jabatan Staf Ahli Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia, kedua Heryan Rusyandi,S.Sos, MM sebagai Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Selanjutnya, Ai Rusli Suargi, S.STP, M.Si Sebagai Kepala BKPSDM Ciamis, Dadang Mulyatna, S.Sos, M.Si Sebagai Kadishub Ciamis, Eka Permana Oktaviana, ST, M.A.P sebagai Kadinsos Ciamis dan Iing Ahmad Rifai, S.Pd sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis.

Kepada para pejabat yang dilantik Bupati berpesan untuk senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas serta loyalitas dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. Dan juga dalam melaksanakan tugas selalu mengidentifikasi masalah.

"Jaga integritas dan loyalitas serta komitmen terhadap tugas, tunjukan bahwa saudara-saudara adalah pemimpin profesional serta mampu mengembangkan diri terhadap kompetensi pekerjaan. Fokus semata-mata memberikan pelayanan kepada masyarakat yang baik. Kita ini adalah pelayan (pamong praja). Jadi berikanlah pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ucap Bupati.

Bupati mengungkapkan jejak kinerja dan attitude yang baik turut menjadi kriteria penilaian untuk jabatan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Ciamis.

"Dari mulai penampilan cara berpakaian turut jadi penilaian, kita tidak mau pejabat-pejabat Ciamis lusuh, saya ingin yang seger-seger karena itu menjadi daya tarik," ungkap Bupati.

Selanjutnya Ia berharap di jabatan barunya, para pejabat dapat ciptakan dan mendorong terjadinya interaksi yang kondusif dengan membangun kebersamaan dan kolaborasi dalam memberikan pelayanan terbaik.

"Saya berharap para pejabat pimpinan tinggi pratama dapat menjadi cerminan kedisiplinan serta kinerja dari ASN di Lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis," ujarnya.

"Selamat pada bapak-bapak yang dilantik, selamat mengemban amanah, mudah-mudahan dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

Diketahui pelantikan pejabat tinggi pratama tersebut dilaksanakan berdasarkan hasil seleksi terbuka (Open Biding) dalam rangka mengisi 7 kekosongan jabatan.

Tag : No Tag

Berita Terkait