Loading

Pemkab Bekasi Berikan Solusi Jangka Panjang Atasi Kekeringan di Cibarusah


Manah/Agus
8 Bulan lalu, Dibaca : 366 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto bersama

CIBARUSAH, Medikomonline.com - Pemkab Bekasi akan mengambil solusi jangka panjang untuk penanggulangan bencana kekeringan dengan memasang pipa PDAM ke rumah warga di Kecamatan Cibarusah. Diharapkan, solusi jangka panjang tersebut dapat meminimalisir warga dari kekurang air bersih disaat musim kemarau.

“Ini karena Cibarusah setiap tahun seperti ini, di tahun lalu baru pemasangan pipa utama ke titik-titik  kantor desa tinggal nanti kita fasilitasi jaringan airnya langsung ke rumah-rumah warga,” ujar Dani Ramdan, saat menyerahkan air bersih kepada warga-warga di Desa Ridogalih, pada Jumat (01/09/2023).

Dani menyebutkan, kendala yang dihadapi terkait assesment pipanisasi jalur air ke rumah warga adalah letak antar rumah yang cukup berjauhan dan tidak terkumpul di satu tempat. Kondisi tersebut membutuhkan jaringan pipa panjang dan membutuhkan biaya investasi yang cukup besar.

“Karena kemampuan warga di sini terbatas, oleh karena itu saya instruksikan akan diberikan sambungan gratis bagi warga miskin, mungkin jumlahnya mencapai 1.000 atau 2.000 tergantung nanti hasil assesmentnya berapa kepala keluarga yang dibantu. Sehingga nanti tidak ada lagi kejadian kekurangan air bersih seperti saat ini,” jelasnya.

Dani Ramdan bahkan meminta agar pipanisasi dapat dikerjakan tahun ini mengingat kebutuhan air bersih mendesak. Dengan begitu, dapat menjadi kepedulian pemerintah daerah hadir dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat. Termasuk bencana kekeringan yang sudah berlangsung lama setiap musim kemarau tiba.

“Alhamdulillah dari PDAM bisa menghandle dulu terkait biaya modalnya. Kalau total penyertaan modal pipanisasi atau menggratiskan sambungan pipanya, ini bisa dilakukan di Kecamatan Kedung Waringin, Cabangbungin dan kecamatan lainnya, semoga ini bisa efektif membantu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat agar tersedianya air bersih hingga ke rumah,” ucapnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait