Loading

Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Tingkat RT/RW Se Kecamatan Cikarang Selatan


Manah/Agus
1 Bulan lalu, Dibaca : 152 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : kegiatan sosialisasi kampung bersih makin berani RT dan RW se Kecamatan Cikarang Selatan

CIKARANG SELATAN, Medikomonline.com - Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani tingkat RT dan RW Se Kecamatan Cikarang Selatan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Bekasi yang Ke-74 dan HUT RI Ke-79 tahun 2024, yang dihadiri 378 RT dan 89 RW, yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Cikarang Selatan, pada Jum'at malam (12/7/2024).

Camat Kecamatan Cikarang Selatan Muhammad Said, SE, MSi, sekaligus menjadi pelopor dan garda terdepan kemajuan di Cikarang Selatan adalah Ketua-ketua RW dan Ketua-ketua RT, Kepala Dusun (Kadus) dan perwakilan desa yang hadir pada kesempatan ini.

"Masih semangat kah untuk memberantas miras, tempat-tempat prostitusi, dan obat-obat terlarang sayangnya kemarin malam zonk, padahal saya turunkan 70 orang Linmas. Pas kita operasi semua lampunya mati, musik pun mati dan operasi malam kemarin nol, karena pintunya digembok semua, ya operasinya Zonk berarti bocor lagi bae," ucap Camat saat sambutan diacara sosialisasi lomba Kampung Bersih, pada Jum'at malam (12/7/2024).

Pada kesempatan yang berbahagia ini, katanya lagi, hadir ditengah-tengah kita pimpinan tertinggi kita di kabupaten bekasi, insya Alloh akan memberikan penjelasan secara gamblang, seperti apa kampung bersih yang diharapkan dan yang bisa merubah mental masyarakat. Sehingga menjadi masyarakat yang sehat, cerdas dan maju dalam segala aspek kehidupan.

Tentu saja lomba kampung bersih bukan sekedar wacana tetapi akan di implementasikan disemua lini, RT dan RW yang ada di kabupaten Bekasi bukan saja di Cikarang Selatan.

"Saya terimakasih kepada pak PJ, atas perhatiannya yang luar biasa dan inovasi-inovasinya untuk membuat kabupaten bekasi makin maju, dan Cikarang Selatan makin terdepan," tandasnya.

Muhammad Said menyampaikan, bahwa Kepala desa tidak bisa hadir dalam acara ini karena ada acara pembinaan aparatur desa se Kecamatan Cikarang Selatan, dan tidak bisa ditunda lagi.

Tetapi semua berharap, acara sosialisasi lomba kampung bersih ini tetap berjalan dengan lancar dan sukses. 

"Alhamdulillah ternyata animo ketua RT dan RW se Kecamatan Cikarang Selatan luar biasa, untuk datang diacara ini. Memang pak bupati RT dan RW di Cikarang Selatan itu kebanyakan bekerja di PT, kemungkinan yang tidak hadir malam ini, masuk kerja bahkan ada yang shift malam," tuturnya.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan tujuan digelarnya Lomba Kampung Bersih, selain untuk mengurangi sampah dan menciptakan kampung yang bersih dan indah, juga untuk menghidupkan kembali budaya gotong-royong di tengah masyarakat. 

"Ya, kita ingin hidupkan kembali kebiasaan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari, karena gotong-royong adalah budaya asli kita, budaya bangsa Indonesia," kata Dani Ramdan saat mensosialisasikan lomba kampung bersih terhadap RT dan RW se Kecamatan Cibarusah.

Dani mengatakan, agar lomba kampung bersih dapat berjalan lebih masif, tahun ini akan melibatkan seluruh RT di wilayah Kabupaten Bekasi. 

"Pada lomba kampung bersih ini, kita inginkan setiap RT harus ikut serta, dan harus bisa menggerakkan semua masyarakat atau warganya untuk berpartisipasi menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan indah," ujarnya.

Dijelaskannya, berbeda dengan tahun lalu, untuk kriteria penilaian lomba kampung bersih tahun ini akan disederhanakan dan hanya ada tiga kriteria. 

"Hanya ada tiga hal yang dinilai yaitu, kegotong-royongan atau jumlah partisipan masyarakat yang ikut serta, ketersediaan sarana dan prasarana sampah, dan yang terakhir antusiasme, publikasi dari apa yang mereka kerjakan," terangnya. 

Dani mengatakan, lomba kampung bersih akan melibatkan seluruh aparatur pemerintah, mulai dari tingkat desa hingga kecamatan yang akan bertindak sebagai koordinator. 

"Perlombaan di tingkat RT RW akan dikoordinir oleh pemerintah desa, dan para camat juga akan berupaya supaya wakil dari kecamatannya yang menang di tingkat kabupaten, jadi semua ikut terlibat dalam lomba kampung bersih ini," tutupnya. (Manah/Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait