Loading

Tiga Tahun Berturut-turut Sumedang Jadi Juara KIJB


Penulis: Nanang
6 Bulan lalu, Dibaca : 137 kali


Sumedang memperoleh penghargaan untuk Karya Tulis Terbaik Pertama ASN yang ditorehkan oleh Hadi Ferdiansyah dan Nugraha Fitria Ruhyana.

SUMEDANG, Medikomonline, com-Sumedang meraih anugerah Best Of The Best dan Kabupaten Terbaik Pertama untuk Inovasi Pemerintah Daerah di ajang Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) 2023 yang digelar Pemprov Jabar.

WhatsApp Kebutuhan Informasi dan Pelayanan Online (WAKEPO) dinobatkan menjadi terbaik dari yang terbaik dari inovasi yang diusung berbagai Perangkat Daerah dan Biro, Perangkat Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Kantor Pusat Balai, Biro, Kementerian, Perguruan Tinggi di Jawa Barat, dan BUMN/BUMD.

Selama tiga tahun berturut turut Kabupaten Sumedang menjadi juara dalam ajang Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) ini. Tahun Tahun sebelumnya di ajang KIJB Sumedang mengusung inovasi e Simpati dan Sipajakdadi.

Selain WA KEPO, Sumedang memperoleh penghargaan untuk Karya Tulis Terbaik Pertama ASN yang ditorehkan oleh Hadi Ferdiansyah dan Nugraha Fitria Ruhyana, Pejabat Fungsional Bapppeda Kabupaten Sumedang.

"Ini hasil inovasi dari ASN Sumedang dan suport Forkopimda serta seluruh masyarakat Sumedang," kata Pj. Bupati Herman Suryatman selepas acara di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Selasa, (3/10/2023).

Pj. Bupati Herman mengatakan, keberhasilan Sumedang dalam ajang KIJB keberhasilan milik semua. “Pertanda Sumedang akan terus maju. Pemda Sumedang tidak hanya juara di provinsi maupun Indonesia tapi juara di hati masyarakat," katanya.

Kick off KIJB sejak 6 Juni 2023 lalu telah berhasil menjaring inovasi-inovasi hebat dari para inivator di Jawa Barat. Tercatat, sebanyak 663 inovasi mengikuti seleksi administrasi dari 850 inovasi yang didaftarkan hingga batas akhir waktu pendaftaran 4 Agustus 2023.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara seksama maka diperoleh 300 inovasi yang lolos administrasi. Penilaian KIJ dilakukan 9 tim penilai independen dari berbagai latar belakang dan profesi. Tahapan penilaian dimulai dari tahap seleksi administrasi dan seleksi proposal inovasi, seleksi expert judgment, seleksi presentasi dan wawancara, sertifikasi dan validasi lapangan. Dalam rapat pleno dihasilkan nominasi terbaik top 50, Top 25, Top 15, Top 5 Inovasi Terbanyak hingga Best Of The Best yang mendapat piala bergilir

Tema KIJB Tahun 2023 mencapai "Kemandirian Masyarakat Jawa Barat" dengan Tagline "Game On and be Champion". Inovasi dalam ajang KIJB mencakup inov asi pelayanan publik di bidang tata kelola pemerintahan, tata kelola bisnis, inovasi sosial kemasyarakatan dan inovasi teknologi lainnya. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait