Loading

Wabup Erwan Ingatkan Pentingnya e-Commerce Bagi Pelaku UKM Sumedang


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 604 kali


Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan membuka acara Pelatihan e-Commerce dalam rangka Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Usaha Mikro.

SUMEDANG, Medikomonline.com  -  Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengingatkan para pelaku Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di  Sumedang akan pentingnya memanfaatkan platform e-Commerce dalam usaha mereka di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan saat membuka acara Pelatihan e-Commerce dalam rangka Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Usaha Mikro serta Kapasitas dan Kompetensi SDM Usaha Mikro di Hotel Amory, Jl. Mayor Abdurahman No. 101 Sumedang, Rabu (1/12/ 2021).

"Di tengah-tengah pandemi, diperlukan teknologi yang dapat meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran produk UKM. Teknologi dimaksud yakni memanfaatkan e-Commerce," kata Wabup.

Dikatakan, dengan diterapkannya e-Commerce, pelaku UKM dapat melakukan pemasaran dengan jangkauan lebih luas, tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

"Komunikasi antara pelaku UKM dan konsumen dapat dilakukan dengan internet sehingga lebih cepat dan murah serta data-data produksi, konsumen dan keuntungan tercatat secara otomatis," ucapnya.

Wabup melihat koperasi dan UMKM di Sumedang masih tetap survive dan terus berkembang meski 'dihantam badai' pandemi.

"Saya berharap melalui pelatihan ini, koperasi dan UKM di Sumedang semakin menggeliat, siap bersaing dan menjadi percontohan bukan hanya di Jawa Barat tetapi juga secara nasional," ujarnya.

Dikatakan Wabup, pemerintah daerah akan terus mengawal digitalisasi UMKM yang akan mendorong kekuatan dan peran UMKM bagi perekonomian daerah.

"Saya instruksikan Diskoperindag untuk terus  berinovasi supaya produk UMKM tidak mubazir dan tidak jalan di tempat, tetapi bisa dipasarkan melalui digital ke seluruh daerah. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk bisa ekspor," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa melaporkan,  pelatihan e-Commerce yang berlangsung tiga hari dari tanggal 1- 3 Desember 2021 diikuti oleh para pelaku UKM anggota koperasi di Sumedang.

Output dari kegiatan tersebut, kata Hari, ialah para pelaku UMKM Sumedang ke depan dapat mengoperasionalkan website dalam melakukan transaksi penjualan secara digital dalam mengembangkan usaha lebih luas dan meningkatkan omset penjualannya.

"Mereka dilatih menggunakan website, bagaimana melakukan penjualan secara online supaya lebih meningkat lagi omsetnya. Kami akan kolaborasi dengan Diskominfosanditik untuk marketplacenya supaya perkembangan UMKM bisa lebih maju lagi kedepannya," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait